Curug Cipendok, Salah Satu Air Terjun Eksotisnya Banyumas  


Penghujung tahun udah diujung mata nih sob. Udah ada rencana mau liburan kemana? Mau liburan ke luar kota atau mau yang deket-deket aja seputaran Banyumas? Buat kalian Sobat Jajandolan Banyumasan, nih ada satu rekomendasi Objek Wisata yang dijamin bakal nyegerin pikiran dan balikin mood kalian lagi ketika harus kembali beraktivitas setelah liburan tahun baru.

Namanya pasti sudah nggak asing lagi buat sobat Jajandolan Banyumasan, Curug Cipendok. Berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Wana Wisata ini tepatnya berada di dalam kawasan PERUM PERHUTANI KPH Banyumas Timur. Untuk yang belum pernah ke sana dan belum tahu jalannya, sobat bisa ambil titik keberangkatan dari Ajibarang atau Purwokerto menuju jalan raya Cilongok, kemudian menuju Pertigaan Losari. Dari Pertigaan Losari nanti ada Sign penunjuk jalan ke arah Cipendok, ikuti saja. Atau jika yang tidak membawa kendaraan pribadi, ada juga kendaraan umum angkot / koprades jurusan Ajibarang sampai Curug Cipendok tersebut. Angkutan umum ini mempunyai trayek jalur Ajibarang - Losari - Kalisari - KarangTengah - Lebaksiu - Curug Cipendok. Di hari biasa Koperades ini biasanya hanya melayani rute Ajibarang - Losari - Lebaksiu (KarangTengah), namun bisa disewa (dicarter) untuk membawa sobat Jajandolan yang ingin menuju Curug Cipendok dan bisa dicari di pertigaan Losari (desa KarangLo).

Perjalanan dari pertigaan Losari sampai Obyek wisata full tanjakan sob, dan sampai sana tidak ada yang namanya POM bensin (namun ada warung-warung kecil juga sih yang menjual bensin botolan untuk keadaan darurat, tapi kan harganya selisih lumayan sama di POM, mending sedia bensin sebelum mogok/ngglundung, hehe..). Jadi pastikan isi full dulu ya sob sebelum 'manjat'. Jangan khawatir, tidak jauh dari pertigaan Losari ke arah jalan raya Ajibarang (kalo dari arah Purwokerto sebelah kanan jalan) ada POM Bensin. Untuk kondisi jalannya sendiri sudah diaspal sampai ke obyek wisata, meskipun masih ada beberapa kerusakan di beberapa titik sebelum masuk Curug Cipendok.

Balik lagi ke Obyek wisatanya, ketika kalian sudah sampai ke lokasi wana wisata Curug Cipendok, sepanjang jalan kalian akan disuguhkan pemandangan jajaran perbukitan yang kereeen poooll.. mata dan hati tak akan berhenti berdecak kagum memuji karya agung Sang Maha Pencipta.

Untuk masuk ke Wana Wisata Curug Cipendok, pengunjung akan dikenakan tarif Rp.7.000,- / orang + Rp. 1.000,- untuk karcis tanda masuk per 1 kendaraan Roda 2 (harap maklum ya, soalnya tim Jajandolan belum punya mobil,hehe.. doain ya biar cepet punya..). Oh iya, tarif tiket tersebut berdasarkan tarif tiket di hari biasa yang berlaku saat itu (per tanggal 29 Desember 2015) dan bukan hari minggu/libur ya.. Harga mungkin berubah sewaktu-waktu, hehe... 

Pintu Loket Obyek Wisata Curug Cipendok
Bonus : Foto Tiket Masuk Obyek Wisata Curug Cipendok
Setelah membayar tiket di pintu gerbang, perjalanan masih agak jauh untuk menuju tempat parkir. Mulai dari Gerbang pintu masuk, sobat bakal melewati hutan dengan pepohonan Pinus dan Damar yang masih rimbun dan asri, udara dan cuaca didominasi suasana teduh dan sejuk sekalipun di siang hari, lalu kita juga akan melewati tempat yang disediakan untuk perkemahan, ada juga obyek wisata Telaga Pucung - yang Insya Allah akan kita ulik lain waktu.

Sesampainya di area parkir, kita 'diharuskan' kembali untuk membayar tarif parkir sebesar Rp.5000 RUPIAH per 1 kendaraan roda dua. Petugas parkir di sini pun bukan dari pihak pengelola yang resmi, akan tetapi kelihatannya masih dikelola oleh warga sekitar (karena kita sama sekali nggak dapet karcis parkir).. Tapi ga papa lah.. buat menikmati air terjun seeksotis Curug Cipendok ga ada salahnya. Tapi semoga untuk pengelolaan lahan parkir ini bisa diatasi dan ditangani langsung oleh pemerintah setempat atau pihak ybs. secara legal dan bisa ditekan lagi untuk nominal tarif parkirnya sehingga lebih terjangkau.

Lokasi Parkir Obyek Wisata Curug Cipendok
Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dari area parkir, dengan medan tanjakan sebagai tantangan pertama.. HAJAR AJA.... SIKAAAT.. hehe.. meskipun sampai atas napas 'ngongsrong' alias ngos-ngosan (maklum jarang trekking,hehe). Gak masalah sih, kita bisa istirahat sejenak di balai plus pondok jajan yang tersedia di atas dan menjajakan beraneka camilan, pop mie, mendoan, dan minuman ringan, cukup untuk mengobati rasa haus dan mengganjal lapar. Di area istirahat ini juga disediakan WC, tempat sholat, serta taman bermain untuk anak-anak, jadi sangat cocok untuk sobat Jajandolan yang ke sini bersama keluarga.

Tanjakan Pertama dari Area Parkir
Balai Tempat Peristirahatan
Tempat Bermain untuk Anak-anak dan Keluarga
Dari sini, kita akan disuguhkan dengan jalan setapak yang menembus belantara dengan rute yang sesekali menanjak dan menurun. Tenang, sunyi,  dan sejuk, ditambah suara serangga khas hitan tropis dan deburan air terjun yang sudah terdengar dari kejauhan. Pokoknya dijamin bakal bikin tenang pikiran kalian.

Kondisi Jalan Menuju Curug Cipendok
Setelah berjalan kurang lebih sekitar 500 meter dari lokasi parkir, sampailah kita di Curug Cipendok. Subhanallah.... Betapa indah dan eksotisnya air terjun ini. Melihat air terjun setinggi kurang lebih 92 meter itu, dijamin sobat bakalan gak sabar untuk kepengen langsung nyebur aja. Airnya masih sangat jernih, sejuk dan dingin banget sob.... Tapi hati-hati ya, medan bebatuan di sekitar Curug Cipendok ini sangat licin, bisa-bisa sobat terpeleset dan berbahaya kalau tidak waspada. 

Buat sobat Jajandolan yang hanya ingin sekedar refreshing dan gak mau basah-basahan, sebaiknya jangan turun ke dekat bibir air terjun, karena udah pasti bakalan basah karena cipratan dan deburan air terjun yang cukup keras dan kencang terbawa angin. Tapi buat yang pengen berenang dan berbasah-basahan ria, sobat bisa berenang di sekitar bibir curug, tapi harus benar-benar bisa berenang atau setidaknya di bawah pengawasan orang dewasa ya... Serta yang lebih penting jangan berenang terlalu dekat dengan deburan air terjun, karena kelihatannya cukup dalam dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Satu hal lagi yang harus diperhatikan oleh sobat Jajandolan adalah ketika tiba-tiba turun kabut atau turun hujan, sebaiknya sobat langsung bergegas pulang untuk mengantisipasi banjir atau hal lain yang bisa membahayakan pengunjung.



Pokoknya sobat Jajandolan gak bakalan nyesel dan wajib  'jajandolan' ke Obyek Wisata Curug Cipendok ini, salah satu air terjun eksotis di wilayah Banyumas. 

Selasa, 29 Desember 2015
Tim Jajandolan : Erwin Septyawan, Andri Asih, Liana, & Kusimo Aji Saputra

Bonus Foto Tim Jajandolan :





Popular Posts