Dream Land Spring Water Park Ajibarang, Wisata Air Terbesar & Terlengkap di Banyumas   


Pancasan. Desa yang berada di Ajibarang, Banyumas ini terkenal memiliki sumber daya air yang sangat melimpah. Sobat Jajandolan sendiri, terutama yang berasal dari daerah sekitaran Ajibarang juga pasti sudah mengenal beragam legenda atau cerita rakyat yang berkembang tentang asal-usul mata air abadi di Pancasan.

Hal ini kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, terutama bagi seorang Wastam Saryadi, pemilik modal yang melirik sumber daya air tak terbatas yang berada di Pancasan ini, untuk kemudian dibangun obyek wisata air atau water park sebagai tempat hiburan dan rekreasi keluarga terbesar di Banyumas. Inilah Dream Land Spring Water Park Ajibarang.

Pintu Gerbang Masuk Dream Land Spring Water Park Ajibarang

Fasilitas Area Parkir Dream Land yang Luas
Loket Tiket Masuk Dream Land
Buat Sobat Jajandolan yang belum tahu, Dream Land sendiri berdiri di atas lahan bekas pabrik tapioka peninggalan Belanda yang terbengkalai. Sobat masih bisa melihat langsung jejak peninggalan Belanda berupa kincir air raksasa yang masih ada di Dream Land hingga saat ini. Pertimbangan dan keputusan Bapak Wastam jatuh ke lokasi ini, untuk merombak tempat tersebut dan membangun impiannya mendirikan Dream Land Spring Water Park di sana. Setelah beliau bersama tim melakukan survei di berbagai wilayah di Banyumas hingga menemukan lokasi yang pas di Pancasan ini, Dream Land kemudian dibangun di sana dan resmi dibuka sejak 24 Februari 2011.

Kincir Air Bekas Pabrik Tapioka Peninggala Belanda


Tim Jajandolan diberi kesempatan untuk mewawancarai Bapak Agus Suprihadi, selaku General Manager Dream Land Spring Water Park, sekaligus menjadi wakil Bapak Wastam yang tidak berhasil kami temui pada saat itu. Menurutnya, untuk saat ini - Dream Land sendiri menjadi wahana air / water park terbesar dan terlengkap se kabupaten Banyumas. Ketika ditanyai mengapa memilih Pancasan untuk membangun Dream Land, beliau menjelaskan bahwa tidak ada tempat lain yang seperti Pancasan ini di Banyumas. Dengan SDA air tak terbatas yang dikaruniakan oleh Allah SWT, serta memiliki view alam yang bagus dan letaknya yang strategis di pinggir jalan raya Ajibarang - Wangon, begitu melihatnya, sudah langsung sreg saja dan langsung dibeli oleh Bapak Wastam.

Bpk. Agus Suprihadi, General Manager Dream Land Spring Water Park ajiabrang


Dream Land didirikan atas modal perorangan milik Bapak Wastam sendiri dan bukan merupakan hasil invesatsi dari beberapa pihak, karena memang Dream Land tidak menerima investasi dari siapapun, kecuali jika ada pihak yang memiliki wahana unik dan menarik, yang belum pernah ada sebelumnya, untuk dititipkan di tempat wisata ini, tentu pihak Dream Land masih terbuka dan menerima dengan senang hati.



Fasilitas Kolam Renang Dream Land Spring Water Park Ajibarang
Buat Sobat Jajandolan yang pernah liburan ke sini pasti sudah tahu, kalau fasilitas kolam renang yang ada di sini sangat lengkap. Ada total 8 kolam renang dengan kategori fungsi dan kedalaman masing-masing. Setiap kolam renang dilengkapi oleh beragam wahana air seperti water slide untuk dewasa dan anak-anak, wahana ember tumpah raksasa, water playground anak, kolam arus, dan masih banyak wahana air lainnya. Tidak ketinggalan pula ada water slide raksasa serta wahana baru kolam ombak yang sudah dibuka dan bisa anda nikmati secara gratis.



Wahana Kolam Ombak Dream Land Spring water Park Ajibarang
Taman Reptil & Aneka Satwa
Selain menyuguhkan beberapa fasilitas dan wahana air, di Dream Land juga terdapat Taman Reptil dan satwa yang didatangkan langsung dari berbagai daerah di sekitar Banyumas maupun dari luar negeri. mas Kusno, selaku penanggung jawab sekaligus pawang dari semua reptil dan satwa di sini, menuturkan bahwa di Dream Land ada banyak sekali jenis aneka reptil dan satwa, dari reptil sendiri ada Buaya Muara, Aligator, lalu ada Iguana, dan beraneka jenis ular seperti : Python Retic atau Sanca Kembang, dan Python Molure atau Sanca Bodo Albino, dimana pengunjung bisa berinteraksi atau berfoto secara langsung dengan jenis ular ini, lalu ada Ular Pucuk, Florida King, Ular Pelangi, Ular Macan Air, Ular Welang, King Cobra & Ular Derik yang merupakan ular yang paling berbisa dan sangat mematikan, serta masih banyak lagi jenis lainnya.

Taman Reptil Dream Land Spring Water Park Ajibarang


Mas Kusno, Kepala Penanggung Jawab & Pawang Dari Semua Reptil & Satwa Dream Land
Dari sisi perawatan sendiri, mas Kusno selalu menjaga kesehatan dan kebersihan reptil maupun satwa yang ada. Contohnya untuk reptil, dalam hal pemberian makanan. Jenis ular besar seperti Python, akan diberi makan 3 ekor ayam selama 1 bulan sekali untuk satu ekornya, sementara untuk jenis ular kecil, diberi makan 3 - 5 burung Pipit kecil selama 1 minggu sekali per ekornya, ada juga buaya dimana pemberian makannya berupa 1 ekor ayam untuk jangka 4 hari per ekornya. Untuk masalah perawatan dan kebersihan, hampir setiap hari mas Kusno bersama rekan - rekannya memandikan dan membersihkan semua satwa yang ada.

Khusus buat Sobat Jajandolan yang mau berinteraksi dan berfoto dengan ular jenis Python, jangan takut dan khawatir karena ular ini sudah jinak dan dirawat sejak kecil oleh mas Kusno sendiri. Tapi kalo untuk sobat yang Phobia sama ular, mending gak usah ya.. cukup nonton atau lihat saja dari kejauhan, hehe..



Selain jenis reptil, di sini juga terdapat beragam jenis aneka satwa dari bermacam jenis hewan dan unggas yang unik dan langka, beberapa diantaranya dibiarkan berkeliaran di sekitar taman seperti Ayam Kalkun & Ayam Walik, tentunya agar pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan satwa tersebut.



Zona Aquarium
Di sini, kita bertemu dengan mas Hery, Penanggung jawab bagian Zona Aquarium. Berbekal pengalamannya sebagai pecinta alam dan penggiat lingkungan, pria asal Purwokerto ini tertarik untuk terjun ke dunia aquarium, karena menurutnya, dari dunia aquarium ia bisa mempelajari banyak hal seperti Biologi, Kimia, Fisika, Ekologi, Teknologi, bahkan Seni.

Zona Aquarium Dream Land Spring Water Park Ajibarang

Mas Hery, Kepala Penanggung Jawab Bagian Zona Aquarium Dream Land
Terbukti dari pengalaman dan ketrampilannya, Zona Aquarium ini berhasil di sulap oleh mas Hery menjadi display aquarium yang sangat apik dan menarik. Ada kurang lebih 50 aquarium dengan beragam jenis ikan air tawar konvensional dan pemandangan biotope aquascape yang mengagumkan. Jenisnya beragam, seperti ikan Mas Koki, ada juga jenis Angel Fish, Buenos Aires Tetra, Komet, Ikan Sumatera, Red Parrot, Black Ghost, dan masih banyak jenis ikan lainnya. Selain ikan air tawar konvensional, di sini juga terdapat ikan Arapaima, yang merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini berasal dari daerah tropis Amerika Selatan dan dapat tumbuh mencapai panjang 3 meter dan bobot 200 Kg!! Untuk pemberian makanannya sendiri, 1 Ikan Arapaima diberi makan berupa ikan lele sebanyak 5 kg selama 3 hari sekali.

Mas Hery dipercayakan secara langsung menangani Zona Aquarium ini, mulai dari pemilihan ragam jenis ikan, pembelian kebutuhan atau perlengkapan untuk mendesain aquascape, hingga perawatan ikan dan peralatan aquarium itu sendiri. Bahkan mas Hery bercerita, bahwa ia sendiri yang mencari bebatuan karang untuk ornamen aquascape nya - yang ternyata ia cari langsung di perbukitan daerah Karang Kemojing, Gumelar. Tidak hanya itu, sampai hal sedetail lampu atau pencahayaan saja, mas Hery menentukan dan merangkai sendiri jenis lampu dan komponen yang digunakan. Ia memilih menggunakan jenis lampu UV ketimbang jenis lampu lainnya. Hal ini disebabkan karena jenis lampu ini dapat mengganti peran matahari untuk kelangsungan hidup biota dan ekosistem di dalam air. Selain itu cahaya yang dihasilkan pun dipandang nyaman, dan memberikan kesan menenangkan bagi mata. Selain itu, cahaya yang dihasilkannya pun tidak menyilaukan dan aman bagi retina balita maupun anak kecil walaupun dipandang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam kurun beberapa hari sekali, mas Hery sering mengubah-ubah set dan tatanan aquarium agar pengunjung tidak bosan, dan agar pengunjung dapat belajar banyak hal, terutama bagi anak-anak dalam mengenali ragam jenis ikan. Kedepannya, Zona Aquarium ini juga akan terus berkembang dan melengkapi ragam jenis ikannya, baik dari jenis ikan air tawar maupun ikan air laut.

Taman Batu Dream Land Spring Water Park Ajibarang


Suasana Asri & Sejuk Taman Batu Dream Land
Selain Taman Reptil & Zona Aquarium, masih banyak lagi fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati di Dream Land, seperti Flying fox, fasilitas danau seluas 40 x 280 meter, dimana kita bisa menyewa perahu dan jetski, lalu ada permainan Bom-bom car untuk anak, bioskop 4D, ada juga Taman Batu, panggung hiburan, kafe, lapangan futsal, fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet, aula / balai gathering, mushola dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang ada di Dream Land.

Danau Dream Land Spring Water Park Ajibarang


Fasilitas Kolam Terapi Ikan Dream Land
Untuk tarif tiket masuknya sendiri, ada kurang lebih 3x kenaikan tarif sejak awal dibukanya Dream Land, mulai dari Rp. 10.000,- /orang untuk hari biasa & Rp. 15.000,- di hari libur nasional, lalu naik menjadi Rp. 15.000,- /orang untuk hari biasa & Rp. 20.000,- di hari libur, hingga kini menjadi Rp. 20.000,- /orang untuk hari biasa & Rp. 25.000,- / orang di hari libur. Namun menurut pak Agus, tarif masuk pada saat libur musiman, seperti hari raya Lebaran sampai dengan H+10, harga tiket bisa naik, musim lebaran tahun kemarin saja mencapai Rp. 30.000,- / orang. Untuk masalah kenaikan tarif sendiri tergantung pada inflasi dan kondisi ekonomi yang berlaku, sampai kondisi tersebut stabil, baru tarif tiketnya pun distabilkan.

Tapi meskipun mengalami beberapa kali kenaikan tarif, obyek wisata Dream Land ini tetap ramai didatangi pengunjung dari berbagai kota, mulai dari dewasa, anak-anak, pelajar yang datang untuk ekstra kurikuler, rombongan wisata study tour dari berbagai wilayah di Banyumas, sampai luar kota seperti Tasik & Indramayu. Bahkan, ada pengunjung yang juga berasal dari Jakarta dan Lampung. Sobat Jajandolan bisa perkirakan sendiri bagaimana ramainya pengunjung Dream Land ini. Dari rata-rata pengunjung selama tahun 2014 saja, ada kurang lebih 860.000 pengunjung yang datang ke Dream Land. Jadi untuk tarif tiket segitu, sebenarnya sudah terbilang sangat murah, menimbang fasilitas dan wahana yang ada sudah sangat lengkap dan begitu banyak diminati oelh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Ada kabar gembira buat Sobat Jajandolan semua, dimana Dream Land ternyata juga menjalin kerjasama dengan beberapa merchant di sekitaran Banyumas, untuk memberikan diskon spesial kepada para pelanggannya. Beberapa yang sudah bekerjasama diantaranya ada Inul Vizta Purwokerto, Telkomsel, Alfamart, SPS Honda Ajibarang, dan berbagai merchant lainnya. (untuk informasi tentang promo maupun diskonnya, silahkan pastikan sendiri di masing-masing merchant-nya ya Sob..hehe). Insya Allah, semoga kedepannya, Jajandolan juga berharap bisa menjalin kerjasama dengan Dream Land, dimana nanti ketika Jajandolan sudah membuat 'Member Sobat Jajandolan', diharapkan dari member tersebut bisa memperoleh diskon special, bukan hanya di Dream Land saja, tapi juga di berbagai tempat kuliner & wisata yang ada di seluruh Banyumas, Aamiin. Kita Doakan Saja agar hal ini cepat terealisasi..hehe..

Popular Posts