JJS ke Tanjakan Glempang, Pekuncen

Buat sobat Jajandolan yang berdomisili di wilayah Ajibarang, Pekuncen, dan sekitarnya yang kira-kira bingung, liburan jenuh di rumah, sementara mau plesiran belum gajian (hehe..) atau pengen sekedar jalan-jalan sore nyari udara segar untuk menghilangkan stress karena pekerjaan seharian, ini ada rekomendasi spot yang keren buat refreshing, Namanya Tanjakan Glempang yang berada di Kelurahan Glempang, Kecamatan Pekuncen, Banyumas.

Untuk menjangkau tempat ini, sobat bisa dari arah Tumiyang, Bumiayu, atau gampangnya kalau dari wilayah Ajibarang, sobat bisa lewat Tonjong, terus lurus menyusuri jalur alternatif Bumiayu, sampai menemui sebuah pertigaan dimana jika lurus menuju jalur alternatif ke Bumiayu, sedangkan belok kanan menuju arah Tumiyang. Dari Pertigaan ini sobat belok kanan menuju arah Tumiyang.

Dari sana, sobat akan melewati terowongan bawah rel kereta, terus menyusuri jalan sampai sobat menemukan pertigaan kecil kiri jalan setelah SDN 1 Glempang. Dari pertigaan tersebut sobat belok kiri lalu lurus terus menyusuri jalan aspal kecil. dari sini sobat sudah bisa merasakan udara yang sejuk yang berbeda dari udara di kota. sobat tinggal menyusuri jalan aspal kecil itu saja sampai mentok / habis, nanti sobat akan menemukan sebuah tanjakan dengan view latar belakang perbukitan yang sangat keren, sedangkan sisi satunya menyuguhkan view Ajibarang di kejauhan.

Pertigaan SDN 1 Glempang


Selain Udara yang sejuk dan view perbukitan yang keren, sepanjang badan jalan sobat Jajandolan juga akan disuguhkan dengan 'kalen' (sungai/kali kecil, aliran air atau irigasi; ) yang sangat jernih dan sejuk, sobat bisa coba cuci muka di sana karena penduduk setempat juga biasa menggunakan 'kalen' tersebut untuk mandi dan kebutuhan sehari-hari. Dijamin, rasa jenuh dan stres hilang begitu saja setelah sampai di sini.

Tanjakan Glempang dengan View Perbukitan & Kalen yang Jernih di Sepanjang Badan Jalan




View Ajibarang di Kejauhan Dari Tanjakan Glempang
Selain cocok untuk spot JJS / jalan-jalan sore, menurut penduduk setempat, dari Glempang ini kita bisa menjelajah jalan setapak menyusuri perbukitan hingga tembus ke Curug Cipendok. Sobat tertarik mencobanya..? tunggu reviewnya di kesempatan berikutnya.. ;)

Minggu, 27 Desember 2015
Tim Jajandolan : Erwin Septyawan & Andri Asih.

Popular Posts