Rekreasi Akhir Pekan ke Tamkot Ajibarang

Buat Sobat Jajandolan yang berdomisili di wilayah kecamatan Ajibarang dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan tempat satu ini, Taman Kota Ajibarang, atau yang biasa disebut Tamkot Ajibarang, ada juga yang menyebutnya Takoji (singkatan dari Taman Kota Ajibarang). Tamkot Ajibarang ini berada sangat strategis di tengah-tengah kota Ajibarang, persis di belakang pos polisi lampu merah Jl. Raya Ajibarang, Banyumas.

Orang-orang di sekitar lebih mengenal kawasan wilayah ini dengan sebutan Pasar Lawas atau Pasar Lama, karena dulu memang di sini pernah menjadi Pasar Ajibarang. Jejaknya nampak begitu jelas jika dilihat dari bangunan di sekitar Tamkot ini, banyak yang berbentuk semi kios maupun ruko. Sejak saat lahan pasar lama ini dibebaskan dan hendak dialih fungsikan menjadi ruang terbuka hijau, fungsi pasar lama ini kemudian dialihkan, dan sepenuhnya dialokasikan ke area Pasar Ajibarang yang sekarang ada.

Menurut keterangan warga sekitar, Tamkot Ajibarang ini direalisasikan di awal tahun 2015 hingga selesai, dan mulai ramai dikunjungi sekitar bulan April 2015. Fasilitas Tamkot Ajibarang ini pun tergolong cukup lengkap, seperti adanya lahan parkir yang luas & area berjualan pedagang kaki lima yang menjajakan aneka ragam kuliner, ada juga WC umum, tempat ibadah (Mesjid Besar At-Taqwa, Ajibarang), lalu dekat dengan fasilitas kesehatan dokter umum Robert Ajibarang yang sudah terkenal, (bahkan kadang dijadikan patokan jalan, hehe..). Selain itu, di sini juga ada tempat penyewaan beragam mainan seperti sepeda / skuter elektrik, motor-motoran, mobil-mobilan untuk anak, yang bisa disewa dengan biaya Rp. 5000 rupiah per 10 menitnya. Atau jika hanya ingin bersantai ria, anda dapat duduk – duduk santai di fasilitas yang ada, di rerumputan hijau, ataupun di bawah pohon rindang. Tamkot Ajibarang merupakan tempat yang pas untuk berkumpul bersama kerabat, saudara maupun keluarga.



Tempat Penyewaan Beragam Mainan Anak-anak di Tamkot ajibarang
Satu hal yang disayangkan di sini adalah faktor kebersihan yang kurang dijaga oleh pengunjung. Padahal fasilitas seperti tong sampah sudah disediakan, tapi sampah (khususnya sampah plastik) masih berceceran dimana-mana, mungkin harus ada himbauan atau peraturan yang tegas mengenai hal kebersihan ini, semisal adanya denda bagi siapa yang kedapatan buang sampah sembarangan, dan lain-lain.


Fasilitas Area Parkir Tamkot Ajibarang yang Cukup Luas
Tamkot Ajibarang ini akan ramai dikunjungi di waktu sore hari, terutama di akhir pekan atau hari libur, bahkan tak kalah ramai saat malam minggu. Buat Sobat Jajandolan yang ingin menghabisi akhir pekan bersama saudara dan keluarga di tempat rekreasi terdekat dan murah meriah, Taman Kota Ajibarang tempatnya.

Area Pedagang Kaki Lima yang Menjajakan Beragam Kuliner

Eits, satu hal lagi, kalo ke sini atau ke tempat lainnya, buang sampah pada tempatnya ya sob, jangan buang sampah sembarangan.. kalo bukan dari diri kita sendiri yang peduli dengan lingkungan, siapa lagi??

Minggu, 03 Januari 2016
Tim Jajandolan : Erwin Septyawan & Andri Asih.

Popular Posts