Soto Asli Lama Sokaraja, Banyumas Punya Legenda.. ( Part 1 )


Banyumas, tempat beraneka ragam wisata, budaya, dan kuliner juga tentunya, dengan latar belakang kepribadian khas penduduknya yang terkenal cablaka atau Blakasuta, tanpa tedeng aling-aling, bersahaja, dan apa adanya. Sifat yang dicerminkan oleh sosok Bapak Muchamad Torir, yang menjadi salah satu saksi hidup dari bagian jalan sejarah termahsyurnya Soto Sokaraja ke seantero Indonesia.

Tim Jajandolan sempat berbangga hati bisa menjumpai salah satu saksi hidup sejarah kuliner Banyumas ini, ditemui dikediamannya kini, bukan di Sokaraja, tapi di Ajibarang!! ..lho kok nyasar di ajibarang, pak??..hehe..

Cerita bermula dari 10 tahun yang lalu, eh tidak, ..kita langsung saja coba mundur jauh lagi ke view pusatnya kota Sokaraja 44 tahun yang lalu, di tahun 1972, dimana saat itu kita tidak akan menjumpai deretan penjual soto dan gethuk sepanjang jalan seperti saat ini. Dulu di sana hanya ada pedagang kuliner seperti Sate Sokaraja, Mendoan, dll. Jarang ada yang jual soto. Karir kemudian dimulai oleh Bapak Marwadi, yang notabene adalah mertua dari Bp. Torir sendiri. Pada saat itu, Bp Marwadi coba membuka warung soto yang pertama kali diberi nama "Soto Asli Sokaraja". lama kelamaan, warung soto ini laku keras dan berkembang pesat. Tak mau kalah, akhirnya di sepanjang jalan sekitarnya pun mulai menjamur dan ikut-ikutan buka warung soto. Ada berbagai penjual kuliner lain seperti Gethuk Goreng Sokaraja kemudian nyambi juga jualan Soto Sokaraja, bahkan kata Bp. Torir sendiri malah ada penjual sate yang banting stir alias alih profesi menjadi pedagang soto.

Persaingan usaha berlanjut dengan ditirunya nama "Soto Asli Sokaraja" oleh pedagang-pedagang soto lainnya, sehingga pada saat itu banyak sekali yang mengklaim nama Soto Asli Sokaraja, sehingga yang asli sendiri sampe nggak jelas yang mana,hehe.. Namun lidah pelanggan berkata lain, memang banyak yang pake nama Soto Asli, tapi pelanggan tetap Soto Asli Sokaraja-nya Bpk Marwadi tetap banyak yang menyerbu Sotonya. Ketika ditanya, "Arep Mangan Sroto nang ndi, kang? (mau makan soto dimana, bro?)". "Di Soto Asli yang 'lama' saja..". Dari sinilah bermula ide Bapak Marwadi untuk mengganti nama Soto Asli Sokaraja menjadi "Soto Asli Lama Sokaraja."

Menerus ke generasi berikutnya, Soto Asli Lama Sokaraja ini kemudian digubah namanya menjadi "Radja Soto Lama Sokaraja" hingga sekarang. Alasan penambahan nama Radja di depan untuk mengakronimkan nama kakak dari Bapak Torir, yaitu Bapak Hj. Suradi Jaya atau Radi Jaya,.. Radja.

Soto Asli lama Sokaraja ini berlanjut menjadi bisnis keluarga, di Sokaraja sendiri sampe saat ini sudah ada 6 cabang, lalu ada juga 1 cabang di Tanjung, Purwokerto, hingga Bp. Torir sendiri memutuskan untuk turun tangan sendiri melebarkan sayap bisnis keluarganya hingga kemudian buka cabang di Ajibarang. 

Bpk. Muchamad Torir, Pemilik Soto asli Lama Sokaraja Cabang Ajibarang
Hingga saat ini, Warung Soto Asli Lama Sokaraja cabang Ajibarang laris diburu pengunjung. Warung Soto Asli Lama Sokaraja ini beralamatkan di Jl. Raya Ajibarang Bumiayu sebelah Mesjid Fuad Akbar, dekat Pom bensin Ajibarang (atau patokannya kalau dari arah Purwokerto / lampu merah Ajibarang berarti setelah tikungan pasar sapi Ajibarang sebelah kanan jalan). Ketika ditanyai ke beberapa pengunjung dan pelangan tetap mengenai alasan mengapa nyroto di tempat Bp. Torir, rata-rata menjawab "sotonya beda, pak.. yang ini khas Soto Sokaraja-nya kerasa..", memang meski bumbunya sama, tapi kalo namanya Soto, udah beda peraciknya, udah beda rasa, bahkan kadang racikan saya sama istri saja udah sedikit beda rasanya, ujar Bp. torir. Rasa dari Soto asli Lama Sokaraja ini beda dengan Soto Sokaraja lainnya, lebih gurih dan kuahnya yang sangat berasa, serta sambal kacangnya yang khas. Memang rata-rata Soto Sokaraja menggunakan sambal kacang yang terpisah, sehingga kita bisa menambahkan sendiri sambal kacangnya sesuai selera pedas kita masing-masing. Saat sambal kacang ditambahkan ke Sotonya, kuah soto akan menjadi kental, tambah nikmat dan gurih.

Bersama Ibu Restutiani, sang istri, Bpk. Torir menjalankan usahanya di warung kecil yang cukup sederhana. Seperti yang disampaikan di awal, watak dan kepribadian orang Banyumas sejati tampak pada sosok beliau yang blakasuta, bersahaja, dan apa adanya, yang secara langsung bisa terlihat dari gaya hidup dan tempat usahannya. di warung soto Bapak Torir ini menyajikan beragam menu variasi Soto Sokaraja. Ada Soto Ayam, Soto Daging Sapi, dan Soto Babat Iso. Selain itu di sini juga menyediakan aneka menu makanan ringan seperti mendoan, opak, kerupuk Mireng, dan aneka minuman. Soto Asli Lama Sokaraja cabang Ajibarang ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.



Berikut adalah daftar menu dan harga Soto Asli Lama Sokaraja cabang Ajibarang saat ini :

Menu Makanan :
- Soto Ayam : Rp. 12.000,-
- Soto Babat Iso : Rp. 12.000,-
- Soto Daging Sapi : Rp. 14.000,-

Minuman :
- Teh Manis / Es Teh Manis : Rp. 3.000,-
- Es Jeruk : Rp. 5.000,-

Soto Ayam "Soto Asli Lama Sokaraja" Cabang Ajibarang

Soto Babat Iso "Soto Asli Lama Sokaraja" Cabang Ajibarang
Soto Asli Lama Sokaraja cabang ajibarang ini juga menerima pesanan untuk berbagai acara seputaran Ajibarang Kota. Untuk info pemesanan, silahkan Sobat Jajandolan hubungi sendiri ke nomor : 082134453214. Kedepannya, Insya Allah Bpk. Torir ingin membuka cabang di daerah Pekuncen, kita doakan saja.

Untuk kuliner Soto Sokaraja di Ajibarang, Tim Jajandolan sangat merekomendasikan Soto yang satu ini. Oh iya sob, sekedar info, untuk semua tempat kuliner & wisata atau spot menarik seputaran Banyumas yang SANGAT DIREKOMENDASIKAN oleh Jajandolan, akan ditandai dengan stiker "JD Recommended!" yang tertempel di tempat kuliner/wisata tersebut (lihat foto). So, cari dan temukan ya sob!! Tapi bukan berarti kuliner yang lainnya tidak direkomendasikan. Justru kuliner lainnya juga nantinya akan selalu diupdate dan dipertimbangkan untuk menjadi salah satu JD Recommended! juga, karena untuk menjadi yang sangat direkomendasikan jajandolan butuh riset soal rasa, usia, harga, dan dari banyak peminat / pengunjungnya. Jadi kalo yang sudah ditandai stiker JD Recommended!, udah nggak diragukan lagi soal itu semua.

Salah satu kisah legenda kuliner Banyumas, yaitu Soto Asli Lama Sokaraja ini bersambung sampai di sini dulu ya, sob.. Insya allah pada kesempatan lainnya, akan dilanjutkan di Part 2 saat Tim Jajandolan menyambangi dan mengorek lebih dalam di pusat sejarah dari Soto Asli Lama ini di Sokaraja. Sampai jumpa..!!

Popular Posts