Rekreasi di Taman Kota Balai Kemambang Purwokerto  


Sobat Jajandolan warga Banyumas? Atau warga luar Banyumas yang sering ke Kota Purwokerto? Sudahkah anda mengetahui di salah satu sudut Kota Purwokerto terdapat taman yang cukup menarik yang bernama Taman Balai Kemambang. Taman ini terletak di Jalan Karangkobar di sebelah barat perumahan elite Permata Hijau masuk wilayah Keluharan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara, merupakan salah satu taman yang layak anda kunjungi bersama keluarga. Masih bingung dimana Jalan Karangkobar?
Bila Sobat orang luar kota, dari arah Taman Rekreasi Andang Pangrenan (Eks Terminal Bus Purwokerto) lurus kearah utara sampai perempatan DKT atau Hotel Aston ambil ke arah barat (kiri) menyrusuri Jalan Dr Anggka setelah Hotel Horison, nanti ketemu perempatan Karangkobar, Sobat kearah utara (kanan) hanya kurang lebih 300 meter, disebelah barat jalan di sana lah letak taman itu. Kalau dari arah Alun-alun Purwokerto, Sobat ke arah utara lewat Jalan Masjid ada perempatan masih keutara menyusuri Jalan Ahmad Yani ada pertigaan Dr Angka (Rumah Sakit Geriatri/SMA Muhamadyah) ambil kearah timur (kanan) kemudian menyusuri Jalan Dr Angka ketemu perempatan Karangkobar kearah utara (kiri).  

Pembangunan Taman Balai Kemambang idenya dari Bapak Mardjoko Bupati Banyumas ke 29. Disebut Balai Kemambang karena terdapat balai yang mengapung ditengah kolam seluas 250 meter persegi. Kata Balai, mempunyai arti sebuah tempat yang biasa digunakan untuk sarasehan atau duduk-duduk santai untuk sekedar berbincang-bincang. Dan Kemambang, memiliki arti mengapung dalam bahasa Indonesia, jadi Balai Kemambang bisa diartikan sebagai tempat bersantai yang mengapung. 



Sejak diresmikan oleh Bupati Banyumas sekarang Bapak Ir Achmad Husein dan Bapak Wakil Bupati dr Budhi Setiawan pada tanggal 24 Februari 2014, taman ini terus berbenah untuk memberi kepuasan para pengunjungnya.



Apa saja yang ada di Taman Balai Kemambang ?

Walaupun setiap pengunjung membayar tiket masuk seharga Rp.2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah), dijamin Sobat tidak kecewa, karena sudah bisa berekreasi, bersantai, dan bermain sepuasnya di taman ini. Ada fasilitas bermain anak, gardu pandang, ruang terbuka, jogging track, track sepeda anak, kolam ikan ( Sobat bisa bermain ataupun memberi makan ikan sepuasnya dengan pakan / pelet ikan yang bisa dibeli di dekat pintu masuk seharga Rp.1000,- per bungkusnya), warna warni bunga serta beberapa faslitas standar lainnya seperti tempat duduk-duduk santai. 



Kalau Sobat Jajandolan beruntung berkunjung pada sore hari, cuaca tidak mendung atau hujan, Sobat dapat menyaksikan matahari terbenam “Sunset” yang indah di taman ini. Dari balai tengah kolam itu, seakan menjadi cermin bagi mega yang terpancar dari matahari yang akan melaksanakan tidur malam.



Sekilas tambahan informasi, saat terindah berkunjung adalah jam 5 pagi dan jam 5 sore. Kalau jam lima sore anda dapat melihat sunset kalo pagi hari Sobat akan menyaksikan kegagahan Gunung Slamet. Walaupun di malam hari juga terpancar warna warni lampu. Hanya siang hari yang masih terasa panas karena tanaman langka yang ditanam belum terlalu cukup melindungi para pengunjung.

Artikel & Dokumentasi oleh : Humas Pemkab Banyumas

Popular Posts