Dari Outbond, Hingga 'Dus-dusan' di Kaliumbul Ajibarang  


Petualang sejati tidak akan pernah bisa lepas dari kegemaran dan kecintaannya menjelajah alam bebas. Biasanya sering kita lihat banyak anak-anak kecil yang tumbuh di lingkungan pedesaan, yang gemar berpetualang bersama teman-temannya menyusuri hutan dan kebun, Dus-dusan / mandi di sungai, bahkan mungkin diantara Sobat Jajandolan sewaktu kecil hingga sampai sekarang juga sering melakukan hal demikian? Tentunya cukup sulit menjumpai tempat dengan suasana alami yang masih hijau, sejuk dan asri bagi Sobat Jajandolan yang tinggal di lingkungan perkotaan. 


Jalan Kecil (Di Seberang Kiri Jalan Beton) Menuju Kaliumbul Ajibarang

Bergeser sedikit ke selatan dari Ajibarang, kita bisa menjumpai spot atau tempat yang masih alami dan asri, tepatnya di Kaliumbul, desa Ajibarang Wetan, Banyumas. Lokasinya dekat dan sangat mudah diakses. Untuk menuju Kaliumbul sendiri, Sobat bisa menyusuri jalan lingkar selatan Pasar Ajibarang (jalan beton), nanti tidak jauh dari sana Sobat akan menemui jalan kecil masuk ke selatan sampai menemui gerbang Ds. Kaliumbul Ajibarang Wetan berwarna ungu muda, dari gerbang tersebut Sobat tinggal turun terus menyusuri jalan sampai habis dan akan menemui tanah yang cukup lapang di sebelah kiri jalan seberang tempat pompa air, jika Sobat membawa kendaraan sebaiknya parkir di sana dan minta ijin jika berpapasan dengan warga setempat. Ingat ya Sob, adat & sopan santun harus kita jaga kepada siapapun dan kemanapun kita berjajandolan ria, hehe..

Gerbang Ds. Kaliumbul Ajibarang


Lokasi Tanah Lapang Tempat Biasanya Dijadikan Parkiran
Biasanya di waktu sore atau di akhir pekan, banyak juga lho Sob, kendaraan  yang diparkir di sini. Dari tempat parkir ini Sobat sudah bisa mendengar suara arus air sungai di tengah suasana alam dan lingkungan yang masih sangat hijau dan asri. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah sungai Kaliumbul. Sepanjang perjalanan Sobat akan menemui beberapa pemandian umum dari mata air yang sangat jernih, lalu kita juga akan menyusuri anakan sungai yang cukup deras yang airnya pun juga sangat jernih dan didominasi dengan bebatuan dan suasana perkebunan yang masih alami. 

Anakan Sungai Kaliumbul yang Sangat Jernih dan Alami 
Tidak lama kemudian, kita akan sampai di pertemuan antara anakan sungai yang tadi dengan sungai Kaliumbul, dengan arus yang deras dan jernih, dan lagi-lagi didominasi dengan bebatuan yang alami. Tempat ini sangat cocok buat Sobat yang gemar Dus-dusan, Siblon atau berenang di kali. Namun mengingat arusnya cukup deras serta batunya besar-besar dan licin, disarankan untuk hati-hati dan dibutuhkan pengawasan khusus dan ekstra bagi yang membawa anak kecil. Amannya, kami sarankan untuk bermain di anakan sungainya saja. Selain kegiatan Outbond, di sini Sobat juga bisa melakukan kegiatan memancing. Bagi sobat yang punya hobi memancing, tidak ada salahnya berekrasi bersama keluarga sambil membawa alat pancing sambil menyalurkan hobi di Kaliumbul ini, hehe..



Satu-satunya kekurangan di tempat ini adalah faktor sampah plastik yang mulai mencemari tepian dan lingkungan sungai. Kebanyakan adalah sampah plastik dari pemukiman penduduk setempat, maupun yang hanyut terbawa arus ketika banjir. So, buat Sobat Jajandolan mulai sekarang jangan buang sampah sembarangan ya, apalagi di buang ke sungai. Karena kalau bukan dari kita yang memulai mencintai lingkungan kita sendiri, siapa lagi??

Sobat Jajandolan dari SMK Muhammadiyah Ajibarang
Sebenarnya jika tempat ini dikembangkan dan dikelola dengan baik, Kaliumbul ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata Outbond, Rafting, maupun untuk kegiatan pendidikan seperti sekolah alam terbuka dan lain sebagainya. Semoga pemerintah maupun dari swadaya warga setempat bisa mengembangkan potensi Kaliumbul ini sehingga bisa menambah daftar wisata alam di Banyumas.


Popular Posts