Curug Pringis, Air Terjun di Tengah Alam Gumelar yang Eksotis   


Gumelar merupakan sebuah kecamatan yang berada di ujung Barat Laut Banyumas dan berbatasan langsung dengan kabupaten Brebes di Utara dan Cilacap di Barat, berada di atas ketinggian 250 meter di atas permukaan laut, dan didominasi oleh wilayah perbukitan. Belum banyak yang tahu, kalau Gumelar memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang indah dan tersebar di segala penjuru wilayahnya, salah satunya adalah air terjun / Curug Pringis, yang secara geografis berada di ds. Sawangan, desa Samudra Kulon, Gumelar - Banyumas.

Menurut Pemdes setempat, nama Curug ini sebenarnya Curug Bringis, namun entah sejak kapan, masyarakat dan wisatawan yang pernah ke sini pada umumnya lebih mengenal Curug ini dengan sebutan Curug Pringis. Untuk mencapai Curug Pringis ini, Sobat Jajandolan bisa menempuh jalan yang menembus hutan dan perkebunan dari ds. Sawangan ke arah Pagerayu, atau lewat ds. Karang Kemiri, Tlaga. Bagi yang membawa kendaraan, Sobat bisa menitipkan kendaraannya di rumah warga sekitar yang jaraknya hampir mendekati jalur menuju Curug Pringis.






Dari rumah warga, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan jangka tempuh mencapai 45 menit hingga 1 jam menelusuri jalur setapak perkebunan, hutan, dan areal persawahan hingga dilanjutkan turun menyusuri sungai. Dari sinilah Sobat sudah bisa mendengar suara air terjun dari Curug Pringis tersebut. Sekitar 5-10 menit menyusuri sungai ke hulu, sampailah Sobat ke Curug Pringis.



Curug Pringis ini memiliki ketinggian sekitar 18-20 meter dan sudah lama dikenal oleh masyarakat Gumelar sebagai salah satu destinasi wisata air terjun favorit di Gumelar. Dengan air yang masih sangat jernih dan sejuk, serta aliran air sungai yang tidak deras, akan sangat cocok bagi Sobat untuk bermain air ataupun mandi, apalagi ditambah banyaknya air terjun kecil  dan 'kedung' yang cukup dangkal di sekitar curug.


Untuk Sobat yang ingin menuju Curug Pringis ini, disarankan untuk membawa rekan pemandu yang sudah tahu jalan, atau setidaknya bertanya kepada warga sekitar maupun petani setempat agar tidak tersesat, karena belum ada arah penunjuk jalan untuk menuju ke Curug Pringis hingga saat ini. 

Semoga keberadaan Curug Pringis / Curug Pringis ini bisa dikembangkan lagi dan mendapat perhatian lebih oleh pemerintah setempat agar Curug ini bisa diakui keberadaannya sebagai salah satu potensi wisata alam air terjun di Banyumas.



Tim Jajandolan Banyumasan : Ipung Purwono, Puji Priyono, Erwin Septyawan
20 April 2016

Popular Posts