Mari Berbagi Bersama Baitul Maal Bina Dhuafa Banyumas

Telah disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda :

“Saya dan orang yang menanggung anak yatim akan berada di surga seperti ini – beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan merenggangkan sedikit antara keduanya.” (HR. Al-Bukhari no. 5304)

Masya Allah, Hadits ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga Rasulullah SAW sendiri mengisyaratkan kedudukan dan derajat orang yang mengasuh anak yatim yang begitu tinggi di Syurga, dekat bersama beliau.
Islam begitu memperdulikan nasib anak yatim dan kaum dhuafa. Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman:

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin…” (Al-Baqarah: 177)

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin.” (An Nisa`: 36)

“Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya.” (Adh-Dhuha: 9-10)

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari kiamat? Itulah orang yang menghardik anak yatim. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.” (Al-Ma’un: 1-3)



Maka sudah sepantasnya bagi kita untuk peduli dengan nasib mereka yang diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan, menyayangi dan berlemah lembut kepada mereka.

Di Banyumas, tepatnya di Kalibagor, terdapat suatu lembaga sosial bernama Baitul Maal Bina Dhuafa. Beberapa kegiatan Baitul Maal Bina Dhuafa ini meliputi :

1. Pemberdayaan ekonomi ummat, diantaranya seperti pelatihan2 kewirausaahaan untuk masyarakat di sekitar desa Kaliori kecamatan Kalibagor.

2. Beasiswa pendidikan anak yatim dhuafa
Membantu anak yatim dan dhuafa untuk terus melanjutkan jenjang pendidikan, membekali mereka dengan kemandirian, kegiatan ini dilaksanakan di mesjid Assalam desa Kaliori kecamatan Kalibagor.

3. Kelompok simpan pinjam gotong royong.
Program untuk mengurangi jeratan Riba yang menimpa sebagian besar warga masyrakat desa Kaliori khususnya warga dusun Pejaten Kaliori.

4, Taman pendidikan Al Qur'an Bina sholeh
Sebuah upaya untuk membantu anak2 agar bisa membaca Al Qur'an, mengamalkannnya dan menjadi penerus untuk agama Allah SWT di desa Kaliori.

5. Wakaf.
Program wakaf yang digalakan wakaf produktif dan wakaf pembangunan sumur untuk daerah yang kekurangan air.

6. Santunan janda dhuafa, dimana kegiatan rutin dilaksanakan ketika Ramadhan atau menjelang Idhul Fitri.



Buat Sobat Jajandolan yang ingin berbagi bersama saudara kita yang kurang beruntung seperti anak yatim dan dhuafa, Sobat bisa salurkan bantuan Sobat ke rekening Baitul Maal Bina Dhuafa, Bank BNI Syariah dengan nomor rekening : 0415005678 A.n Suheri. Atau Sobat bisa langsung datang ke sana dengan alamat desa Kaliori RT 04 / 03 Kalibagor, Banyumas.

Info selengkapnya, Sobat bisa hubungi no telp. 085642441817 / 087719585735.

Semoga Allah SWT membalas amal dan kebaikan Sobat Jajandolan semua dengan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda, Aamiin ya Rabbal 'Alamin.

Popular Posts