Info Wisata Candi Cetho Karanganyar Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Candi Cetho Karanganyar - Sebuah tempat wisata yang ada di Karanganyar ini menarik sekali, selain karena tempatnya yang indah juga merupakan situs peninggalan sebuah kerajaan Majapahit. Situs candi yang sudah masuk dalam kategori cagar budaya di Kota Karanganyar ini sudah menjadi langganan wisatawan untuk liburan di akhir pekan atau mengisi hari libur. Tempat menarik dan bernilai sejarah tentu nya tempat wisata cagar budaya ini berada di lereng gunung Lawu atau berdekatan langsung oelh jalur pendakian Gunung Lawu via Dusun Ceto. Nah pada kesempatan kali ini Jajan Dolan akan mengajak anda mengunjungi sebuah situs candi yang ada di Karanganyar Jawa tengah.

Sebuah tempat wisata budaya yang sudah terdaftar sebagai cagar budaya Kota Karanganyar yang berada di ketinggian 1496 mdpl tepat di kaki Gunung Lawu. Situs candi bernama Candi Cetho dimana merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit yang dipergunakan untuk tempat Peruwatan pada masanya. Keindahan Candi Cetho yang berada di lereng Gunung Lawu sangatlah indah memanjakan mata. Terbukti dari banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung.

Candi Cetho Karanganyar
Candi Cetho Karanganyar
Tempat wisata yang menarik dan merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit tentu menarik untuk diulas , mulai dari daya tarik, jam buka, fasilitas, harga tiket masuk dan lokasi Candi Cetho. Disamping berwisata anda juga bisa mengetahui sejarah dari Candi Cetho tersebut ketika berkunjung. Berbagai spot foto menarik yang kekinian dan instagramable bisa anda dapatkan di tempat cagar budaya ini. Untuk itu kami Jajan Dolan akan mengulasnya untuk anda mengenai Situs Candi Cetho tersebut.

Daya Tarik Candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah

Candi Cetho adalah Candi Hindhu dan merupakan sebuah situs peninggalan zaman pemerintahan Kerajaan Majapahit ini memiliki daya tarik yakni pertama memiliki tempat dengan keindahan berupa pemandangan diatas perbukitan dengan ketinggian 1496 mdpl yang berupa perbukitan dan pegunungan serta pemandangan kota Karanganyar itu sendiri. Berada di dataran tinggi tentu udara terasa sejuk dan adem namun menyegarkan. Cocok untuk anda yang sedang mencari tempat untuk healing dari aktivitas kepadatan hiruk pikuk perkotaan.

Berada dekat dengan perlintasan jalur pendakian Gunung Lawu di sebelah kirinya. Saat memasuki kawasan wisata candi tersebut anda diharuskan memakai kain Kampuh dimana bisa anda dapatkan di Loket pintu masuk setelah membayar tiket masuknya.

Menaiki tangga menuju Teras satu dimana merupakan gapura Masuk, disini anda kan disuguhi dengan taman dan area lapang yang cukup luas debgan rumput hijaunya. Teras kedua terdapat petilasan Ki Agengb Krinciwesi, dimana merupakan leluhur dusun Cetho. Teras ketiga lukisan dinding berbentuk relief sebuah cuplikaan dari kisah Sundamala dimana kisah ini yang menjadi awal sebagai tempat Upacara Ruwatan. Teras ke empat sepasang arca Bima yang menjaga batu menuju teras ke limas berada disisi baratnya. Teras ke lima sepasang bangunan beratap dengan sebutan pendapa luar yuang menagapit tangga menuju teras ke enam. teras ke enam arca Klacakra dan sepasang arca Ganesha berada di tangga menuju ke teras ke tujuh. Tangga yang bertingkat tiga dimana sisi kana dan kirinya diperkuat dengan Turap Batu. Teras ke tujuh ada Pendapa dalem yang beratap tanpa dinding dan ada sebuah batu mendatar berbentuk kura kura sebagai lambang Majapahit. Teras ke delapan ruangan yang digunakan untuk beribadah, dua arca di dinding batu bertuliskan bahasa jawa menunjukan tahun pembangunanya Candi. Relief dari gambar Phallus dapat ditafsirkan sebagai lambang penciptaan dan kelahiran kembali setelah dibebaskan dari kutukan yang menimpanya. Teras ke sembilan adalah teras tertinggi dimana tempat ini sebagai pemanjatan doa, ada juga ruangan yang digunakan untuk menyimpan benda benda kuno. Dan bangunan utamanya sebuah lapangan terbuka dimana terdapat Patung Dewi Saraswati di kolam tersebut.
Candi Cetho Karanganyar Daya Tarik
Candi Cetho Karanganyar Daya Tarik
Tempat dengan bangunan yang megah berbalut dengan keindahan alam dari pemandangan atas di candi Cetho tersebut sangatlah indah dan elok, apalagi saat cuaca cerah anda bisa melihat dan menyaksikan keindahan sunset berkilau warna emas, golden sunset. Dimana anda bisa menyaksikannya di gapura pintu masuk. Saat cuaca sedang mendung dan berkabut juga eksotis dikarenakan kabut yang menyelimuti layaknya berada di negeri atas awan di sebuah pintu gerbang.

Terdapat sebuah sisi romantisme dan eksotisme dari Candi peninggalan Majapahit ini,yakni saat perjalanan menuju candi dengan pemandangan dari kebun teh Kemuning yang melegenda di masyrakat setempat. Suasana yang sejuk dan dingin serta berkabut karena berada di ketinggian 1496 mdpl oleh karena itu diharuskan membawa jaket yang tebal. Anda juga bisa melihat pemandangan dari gunung Merbabau, Merapi, Lawu, Sindoro, Sumbing.
Candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah
Candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah

Fasilitas Candi Cetho Karanganyar Situs Cagar Budaya

Sebagai tempat wisata berupa petilasan candi dari Kerajaan Majapahit tentunya memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai dan lengkap. Sebagai penunjang kenyamanan dan memberikan kesan tersendiri sehingga betah berlama lama.
  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gift Shop
  • Kedai & warung kecil
  • Spot Foto
  • Tempat Informasi/ Guide
  • dan masih banyak lainnya
Candi Cetho Karanganyar Fasilitas
Candi Cetho Karanganyar Fasilitas

Harga Tiket Masuk Candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah

Selain anda mencintai dan melestarikan cagar budaya anda juga dapat berwisata menikmati keindahan alam disekelilingnya. Untuk dapat menikmati tempat wisata buadaya tersebut diharuskan membayar tiket terlebih dahulu dan akan mendapatkan Kain Kampiuh sebagai syarat masuk situs Candi Cetho.
Harga Tiket Masuk
  • Wisatawan Domestik    10K
  • Wisatawan Mancanegara    30k
Candi Cetho Karanganyar Harga Tiket Masuk
Candi Cetho Karanganyar Harga Tiket Masuk

Jam Buka Candi Cetho Gunung Lawu Karanganyar

Selain anda menikmati dari sajian alam dari atas bukitnya, juga anda bisa belajar dan mengetahui sejarah dari Candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Dan untuk pergi ke wisata cagar budaya tersebut sebaiknya mengetahui jam buka dari Candi Cetho
  • Buka Setiap Hari pukul 08.00 Pagi - 16.00 Sore WIB
Candi Cetho Karanganyar Jam Buka
Candi Cetho Karanganyar Jam Buka

Lokasi Candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah

Wisata cagar budaya yang berada di lereng Gunung Lawu tersebut berada di ketinggian 1496 mdpl. Jalan menuju kesana berkelok dan menajak maka diharapakan saat berwisata ke tempat situs tersebut membawa kendaraan yang prima dan juga sopirnya lihai dan profesional menguasai tehnik berkendara yang baik.

Berlokasi di Dusun Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah 57792.
Candi Cetho Karanganyar Lokasi
Candi Cetho Karanganyar Lokasi
Candi Karanganyar Jawa Tengah
Candi Karanganyar Jawa Tengah
Wisata Candi Di Jawa Tengah
Wisata Candi Di Jawa Tengah
Info Wisata Candi Jawa Tengah
Info Wisata Candi Jawa Tengah
Candi Hindu Di Indonesia
Candi Hindu Di Indonesia
Candi Kerajaan Majapahit
Candi Kerajaan Majapahit
Photo IG
by @anifkhoirull
by @natinaa77
by @ilyska.pp
by @candicetho_
by @trmdniee
by @rizkii_adi
by @mas_fakih
by @see_gett
by @efendyrheky01
by @meehhhti
by @_ranita35

Demikian ulasan informasi mengenai Candi Cetho, tempat wisata cagar budaya peninggalan Kerajaan Majapahit di Karanganyar. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat untuk mengunjungi candi candi yang ada di Indonesia khususnya kota Karanganyar di Jawa Tengah. Kritik dan saran warmly accept, sekian..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatah Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama