Doesoen Kopi Sirap Daya Tarik, Jam Buka dan Lokasi

Doesoen Kopi Sirap Semarang - Kota Semarang menyajikan pesona alamnya yang indaha dimana dikemas ke dalam wadah wisata dan edukasi menjadi suatu hal yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi mengenai industri kopi sekarang ini yang pertumbuhannya sangat luar biasa terbukti dengan banyaknya coffeshop yang menjamur di berbagai bumi nusantara, khususnya di kota Semarang. Salah satu tempat yang menjadi penghasil kopi robusta terbaik ada di kota terbesar ke lima di Indonesia ini. Tempat yang menjadi penghasil dan menjadi wisata dan edukasi mengenai kopi dari hulu ke hilirnya. Nah Jajan Dolan kali ini akan membawa anda mengunjungi sebuah kawasana wisata dan edukasi dimana berada di lereng Gunung Kelir.

Doesoen Kopi Sirap merupakan sajian tempat berupa wisata dan edukasi mengenai kopi. Berada di kawasan Gunung Kelir tentunya pertumbuhan pohon kopi sangatlah bagus dan memiliki buah dengan biji kopi yang sangat berkualitas. Dengan ketinggian 800 mdpl dengan luas lahan 40 hektar, maka tak heran apabila kopi robusta tumbuh subur di tempat ini. Mayoritas penduduk masyarakat disini hampir 90 %nya berprofesi sebagai petani kopi robusta. Disini anda akan mendapat edukasi sekaligus wisata mengenai kopi dan cara pengolahan dari mulai merawat pohon kopi sampai menjadi berupa biji kopi yang siap di olah menjadi minuman.

Doesoen Kopi Sirap Semarang
Doesoen Kopi Sirap Semarang
Wisata dan edukasi di lereng Gunung Kelir ini menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, dan lokasi Doesoen Kopi Sirap. Sarana wisata dan edukasi yang tentunya dengan kesegaran udara dari pepohonan di sekitar yang masih terjaga dengan baik. Untuk itu kami Jajan Dolan akan mengulasnya untuk anda mengenai Doesoen Kopi Sirap tersebut, berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Doesoen Kopi Sirap Lereng Gunung Kelir Semarang

Sebuah tempat dimana berada di Lereng Gunung Kelir menjadi tempat wisata sekaligus edukasi mengenai seluk beluk kopi ini menarik dengan daya tariknya yaitu pertama menjadi tempat wisata dan edukasi mengenai cara pengolahan dari mulai pohonnya sampai menjadi biji kopi yang berkualitas siap untuk di olah menjadi minuman kopi. Tak hanya itu saja disini juga bisa belajar metode dari rosting hingga latte art nya.

Dusun Sirap di hamparan lereng Gunung Kelir dimana menjadi salah satu ikon di Kabupaten Semarang yang mengusung tema Ngopi di Tengah Kebun Kopi, dengan menyajikan menu makanan khas pedesaan berpadu dengan suasana perkebunan kopi.

Terletak di Dusun Sirap dimana masyarakatnya lebih mengenal dengan Doesoen Kopi Sirap. Menikmati kopi secara langsung dari petani di Doesoen Kopi Sirap ini sangatlah unik dan menarik saat datang berkunjung. Pengunjung yang datang bisa menyeduh kopi di tengah sejuknya pegunungan lereng Gunung Kelir. Dusun di kota Semarang yang terkenal sebagai penghasil biji kopi robusta terbaik di Kabupaten Semarang, dengan varietas unggulannya yakni Robusta Tugu Sari.

Doesoen Kopi Sirap Semarang Daya Tarik
Doesoen Kopi Sirap Semarang Daya Tarik
Dengan mayoritas 90% nya penduduk dan masyarakat di sini sebagai petani kopi maka tak heran, luas lahan 40 hektar dapat tumbuh pohon kopi yang subur dan terawat dengan baik. Sebagai upaya mendukung potensi desa, pada tahun 2019 yang lalu BCA atau Bank Central Asia mendukung dan membina industri kopi di Doesoen Kopi Sirap ini. Dengan melihat potensi di dusun ini yang bisa deikembangkan menjadi sarana wisata dan edukasi mengenai kopi.

Selain menikmat keindahan dari lereng Gunung Kelir yang indah dengan tanaman kopi dan pepohonan yang rindang sehingga udara sejuk dan menyegarkan. Pengunjung dapat belajar seluk beluk mengenai kopi di Dusun Sirap. Bagi anda yang ingin belajar dan mengenal lebih jauh tentang kopi, di sini menyediakan pilohan paket belajar. Mulai paket belajar dari rosting, manual brewing dan Espresso latte art nya. Untuk info harga atau lainnya bisa di tanyakan langsung ke akun Instagramnya @doesoen_kopisirap atau bisa hubungi di 081325113302.

Tidak hanya belajar dan menikmati keindahan dari Dusun Sirap saja, wisatawana juga bisa berkulineran di Doesoen Kopi Sirap ini. Di tempat ini ada sebuah Kedai Kopi & Restoran Wandhe yang menyediakan menu minuman kopi olahan langsung dari biji kopinya. Selain itu juga menu makanan tradisional dengan harga tergolong murah. Menu tradisional seperti jadah bakar, sego jagung goreng dan masih banyak menu tradisional lainnya. Dan juga menu minumnya seperti Green Tea latte Ice, Es Kopi Gus Joko dan lain lainnya

Kedai Kopi & Restoran Wandhe
Kedai Kopi & Restoran Wandhe
Mendapatkan edukasi dari mengolah kopi menjadi pengalaman dan moment seru yang tak bisa dilupakan. Apalagi sajian panorama puncak Kelir Sirap nya yang memanjakan mata. Dengan ketinggian 100 mdpl menawarkan keindahan alam dengan hamparan perkebunan kopinya yang indah. Waktu terbaik untuk menikmati panorama pemandangannya yakni di pagi hari sekitar jam 05.30 - 06.30 WIB, jika anda beruntung bisa menjumpai lautan awan yang menyelimuti perkebunan dan juga pemandangan gunung Sindoro, Sumbing di belakangnya,

Fasilitas Doesoen Kopi Sirap Semarang

Doesoen Kopi Sirap sebuah wisata dan edukasi ini menyediakan fasilitas yang memadai kepada para pengunjungnya. Fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan nyaman untuk wisatawan yang berkunjung sehingga merasa betah berlama lama. Berikut fasilitas Doesoen Kopi Sirap diantaranya.
  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Coffee Shop
  • Spot Foto
  • Wisata alam
  • Edukasi
  • Taman bermain
  • Gazebo
  • dan lain lain
Doesoen Kopi Sirap Semarang Fasilitas
Doesoen Kopi Sirap Semarang Fasilitas

Jam Buka Doesoen Kopi Sirap Semarang Jawa Tengah

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata di lereng Gunung Kelir dan belajar edukasi mengenal olahan seluk beluk mengenai kopi, sebaiknya mengetahui jam buka dari Doesoen Kopi Sirap tersebut. Doesoen Kopi Sirap ini mulai melayani wisatawannya mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam di setiap harinya.
Jam Buka Doesoen Kopi Sirap
  • Setiap Hari jam 09.00 - 21.00 WIB
Doesoen Kopi Sirap Semarang Jam Buka
Doesoen Kopi Sirap Semarang Jam Buka

Lokasi Doesoen Kopi Sirap Kelurahan Jambu Semarang

Lokasi wisata dan edukasi Doesoen Kopi Sirap ini berada di lereng Gunung Kelir, udara yang sejuk dan menyegarkan tentunya membuat betah berlama lama. Apalagi pohon kopinya bisa tumbuh subur dengan baik. Lokasi yang tak jauh dari jalan raya sehingga mudah menemukannya.

Lokasi Doesoen Kopi Sirap berada di Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50663. Untuk akses dan lokasinya bisa klik Doesoen Kopi Sirap.
Doesoen Kopi Sirap Semarang Lokasi
Doesoen Kopi Sirap Semarang Lokasi
Kuliner Doesoen Kopi Sirap Semarang
Kuliner Doesoen Kopi Sirap Semarang
Wisata Dan Edukasi Dusun Sirap
Wisata Dan Edukasi Dusun Sirap
Dusun Sirap Lereng Gunung Kelir
Dusun Sirap Lereng Gunung Kelir
Photo IG
by @sowansuwun
by @doesoen_kopisirap


Demikian ulasan informasi mengenai Doesoen Kopi Sirap, tempat wisata dan edukasi mengenai seluk beluk pengetahuan kopi di Lereng Gunung Kelir. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat untuk belajar dan mengenal kopi di Semarang. Kritik dan saran warmly accept, sekian..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama