Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja Daya Tarik dan Tiket

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja - Wisata di kota Yogyakarta memang banyak dan terkenal bahkan menjadi destinasi wisata yang digemari dan menjadi jujugan wisatawan asing khususnya maupun lokal. Destinasi wisata Jogja ini ada yang baru bahkan sampai yang populer pun sudah banyak di temukan dan menjadi tujuan wisata saat berkunjung di kota yang di juluki Kota Gudeg ini. Wisata alam menjadi banyak di gemari dan di minati selama berlibur di Kota Jogja ini. Salah satunya wisata alam pantai selatan yang terkenal yakni Pantai Parangtritis. Namun kalu anda perhatikan sebelum menuju ke pantai tersebut pastinya anda melihat papan nama wisata yang terkenal layaknya gurun pasir seperti di jazirah arab.

Nah Jajan Dolan kali ini akan mengajak anda mengunjungi sebuah destinasi wisata alam berupa pantai dengan aktivitas keseruan unik yang bahkan belum ada di daerah lain. Berada di kabupaten Bantul tepatnya sebelum perbatasan menuju ke kabupaten Gunung Kidul dimana lokasinya ini berada di Pantai Selatan Jogja. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan obyek wisata yang menarik dan unik yang berada sebelum menuju Pantai Parangtritis. Masih berada di area pantai yang sama, di obyek wisata ini menawarkan aktivitas bermain di hamparan pasir yang sebelumnya belum pernah di temui di tempat lain yakni seperti Sandboarding, selain menjadi daya tarik utama dari obyek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini, tentunya juga masih ada berbagai kegiatan seru lainnya yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur di pantai yang satu ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja | Photo IG by @rizal.bulugh

Obyek wisata yang unik dan menarik ini menjadi satu satunya area Sandboarding di Asia Tenggra. Tentunya kita patut bangga dengan tempat wisata ini, karena munculnya fenomena gumuk pasir ini cukup jarang terjadi di wilayah dunia. Di negara Indonesia sendiri yang tercatat dan baru terkenal hanya ada di Pantai Selatan Jogja ini yakni Pantai Parangtritis. Berbagai informasi yang menarik tersebut tentunya menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi Gumuk Pasir Paarangkusumo. Berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul Yogyakarta

Obyek wisata hits di Kabupaten Bantul ini memiliki gundukan hamparan pasir, dimana gundukan hamparan pasir ini menawarkan keseruan aktivitas yang jarang dan langka di temukan. Aktivitas yang populer dan banyak wisatawan penasaran dengan hal unik dan menarik ini yakni Sandboarding. Fenomena alam yang di temukan di area Pantai Parangtritis ini jarang terjadi di dunia, maka dari aktivitas yang menarik berupa Sandboarding tersebut tentuya menjadi daya tarik dan minat wisatawan untuk berkunjung di Pantai yang hits dan populer di Jogja ini.

Pasir dari pantai ini berasal dari pasir pantai yang mengguduk dimana di sebabkan adanya aktivitas alam yakni erosi. Jika anda ingin merasakan kesruan bermain Sandboarding ini tersedai tempat penyewaan yang menyewakan alat sandboardnya. Cukup dengan membayar 70K saja anda bisa bermain sepuasnya tanpa di batasi waktu. Bermain Sandboarding dari tempat tinggi menuju turunan dengan berdiri di atasnya, dan anda harus menjaga keseimbangan biar tidak terjatuh dan akhirnya bisa berhasil sampai bawah. Seperti bermain ski diatas salju yang tebal bedanya ini menggunakan papan seperti bermain sketboard namun tanpa roda dan juga designnya memiliki ketentuan tersendiri.

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja Daya Tarik
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja Daya Tarik | Photo IG by @kolil_

Selain bermain Sandboarding sebagai daya tarik utama dari obyek wisata ini. Wisatawan juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti foto. Dengan hamparan gundukan pasir yang luas dan seperti perbukitan pasir yang naik dan turun menjadi spot foto yang indah dan instagrmable. Ada juga spot foto buatan yang berbayar dengan harga terjangkau seperti taman bunga love, ayunan. Ada juga spot foto yang ada pohon kaktusnya juga plakat Gumuk Pasir yang menjadi spot foto indah lainnya.

Di Obyek wisata ini juga ada wahan seru lainnya yakni dengan berkeliling obyek wisata ini menggunakan Jeep. Wisatawan yang datang berkunjung akan di bawa berkeliling melewati lembah dan bukit pasir yang ada disini. Menaiki Jeep ini anda kan merasakan sensasi berpetualang yang sebenarnya di lokasi ini. Selain itu karena lokasinya dekat bersebelahan dengan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu anda bisa mengunjungi pantai tersebut dimana masih berada satu garis pantai yang sama.

Wisata Hits Jogja
Wisata Hits Jogja | Photo IG by @niko_achtayoga

Saat senja tiba tentuya suasana pantai begitu menjadi lebih syahdu dengan menyaksikan panorama sunset di tempat Pantai Parangtritis maupun Pantai Parangkusumo yang letaknya berdekatan dengan Gumuk Pasir. Namun jika lebih tenang anda bisa berjalan agak jauh menuju Pantai Cemara Sewu. Keindahan sunset yang berwarna kuning keemasan bisa menjadi pengantar untuk menyudahi liburan di Gumuk Pasir ini, tentunya ini menjadi sebuah liburan dan berakhir pekan yang menyenangkan selama berkunjung di kota Jogja.

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul Yogyakarta

Obyek wisata popuker dan terkenal di Jogja ini menyediakan fasilitas yang memadai kepada para wisatawan yang berkunjung. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman tentunya pengunjung ataupun wisatawan merasa berkesan dan betah berlama lama. Fasilitas tersebut diantaranya.

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Penyewaan Sandboard
  • Kedai atau tempat kuliner
  • Spit Foto
  • dan lain lain
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja Fasilitas
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja Fasilitas | Photo IG by @novanzark_

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Untuk memasuki dan menikmati keseruan dalam sandboarding di tengah gundukan hamparan pasir tersebut tentunya wisatawan yang berkunjung akan di kenakan tiket masuknya. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong terjangkau bagi semua kalangan.

Loket tiket masuk tersebut sudah tersedia ketika anda memasuki wilayah Pantai Selatan di mana berada di gerbang yang menuju akses Pantai lainnya. Jadi tiket masuk tersebut bisa mengakses ke semua pantai, termasuk pantai Parangtritis, Cemara Sewu, Pantai Parangkusumo, dan selanjutnya hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

Dan untuk penyewaan sandboardnya sendiri dikenakan biaya dengan durasi tidak terbatas, jadi bisa bermain sepuasnya.

  • Harga Tiket Masuk    10K
  • Sewa Sandbaord    100K

Tarif Parkir

  • Sepeda Motor    3K
  • Mobil    5K
  • Bus    10K - 20K

Jam Buka Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul Jogja

Bagi anda yang ingin mengunjungi dan menikmati suasana gumuk pasir dan bermain sandboarding, sebaiknya mengetahaui jam buka dari obyek wisata terkenal tersebut. Obyek wisata terkenal populer di Jogja ini buka setisp hari dari jam Setengah 8 pagi sampai Setengah 7 malam.

Jam Buka Gumuk Pasir Parangkusumo

  • Setiap Hari    07.30 - 18.30 WIB

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Dari pusat kota Jogja yakni Tugu Jogja membutuhkan waktu tempuh 1 jam 5 menit dengan jarak 30,4 Km via Jalan Parangtritis. Berada di kawasan pantai selatan yang terkenal di Jogja tentunya obyek wisata ini mudah di temukan.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Jalan Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Untuk rute dan akses lebih lengkapnya bisa klik Gumuk Pasir Parangkusmo.

Gumuk Pasir Parangkusumo Harga Tiket Masuk
Gumuk Pasir Parangkusumo Harga Tiket Masuk | Photo IG by @agungsetiawan67
Gumuk Pasir Parangkusomo Jam Buka
Gumuk Pasir Parangkusomo Jam Buka | Photo IG by @bayuissanjaya
Gumuk Pasir Parangkusumo Lokasi
Gumuk Pasir Parangkusumo Lokasi | Photo IG by @novanzark_
Wisata Terkenal Jogja
Wisata Terkenal Jogja | Photo IG by @marlina_tanjung

Demikian ulasan informasi mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo, wisata hits yang terkenal di Bantul Yogyakarta. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat berlibur selama liburan di kota Jogja. Kritik dan saran wsarmly accept, sekian..

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama