Wisata Kalibiru Kulon Progo Tiket dan Daya Tarik

Wisata Kalibiru Kulon Progo - Kota Yogyakarta memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Salah satu kota dengan wisata alamnya yang indah dan hamparan panorama yang memanjakan mata. Wisatawan baik lokal maupun mancanegara selalu memadati kota pelajar ini setiap harinya, apalagi pas musim liburan selalu menjadi kota dengan jumlah kunjungan wisatawan yang padat. Selain karena Pedestrian Malioboro yang menjadi landmarks kota Jogja, di kabupaten Kulon Progo ada sebuah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan untuk di kunjungi,apalagi sajian wisata terbarunya juga akan melengkapi kota Gudeg tersebut.

Nah Jajan Dolan kali ini akan mengajak anda mengunjungi destinasi wisata hits dan terkenal yang mana menjadi suatu kunjungan wajib saat berlibur. Destinasi wisata bernama Kalibiru, sebuah wisata hits dan terkenal di Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata dengan pemandangan dan panorama keindahan perbukitan yang di lengkapi dengan berbagai spot foto instagramable. Obyek wisata hits yang cocok untuk dijadikan sebuah tempat jujugan berlibur dan berakhir pekan di Jogja.

Wisata Kalibiru Kulon Progo
Wisata Kalibiru Kulon Progo | Photo IG by @patriot_jogja

Obyek wisata hits di Kulon Progo ini memiliki berbagai informasi menarik untuk diulas, mulai dari daya tarik, fasilitas, jamm buka, harga tiket masuk dan lokasi dari wisata Kalibiru tersebut. Tempat yang dikembangkan oleh pemerintah dan di kelola oleh masyarakat menjadi obyek wisata ini dulunya merupakan kawasan hutan negara yang subur. Akan tetapi karena terjadinya pembalakan hutan yang merusak tempat tersebut maka pemerintah turun tangan dalam meremajakannya.

Daya Tarik Wisata Kalibiru Kokap Kulon Progo Jogja

Obyek wisata hits di Kulon Progo ini berada di ketinggian 450 mdpl dimana kini telah menjadi hutan yang subur. Tempat wisata yang berada di sebuah pedesaan dengan suasana perbukitan yang di tumbuhi pepohonan hijau, seperti pohon cemara, pohon jati dan kayu putih, dan juga terdapat bangunan rumah berarsitektur jawa kuno yang banyak dijumpai. Dimana rumah tersebut di jadikan sebuah loket pintu masuk, yang akan mengarahkan jalan menuju spot wisata kalibiru melalui jalan setapak yang sudah tersedia.

Sepanjang perjalanan akan di disuguhkan dengan banyak pepohonan hijau serta rumput dan bunga indah seperti Anggrek yang bersembunyi di rerimbunan pepohonan. Wisata Kalibiru ini menyediakan spot menari pandang yang digunakan untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian. Menara pandang berupa pohon pinus yang di pasangi papan dan tangga yang menggantung menjadi sebuah spot foto berlatarbelakang perbukitan hijau.

Wisata Kalibiru Kulon Progo Daya Tarik
Wisata Kalibiru Kulon Progo Daya Tarik | Photo IG by @de51a

Dari atas menara pandang ini wisatawan akan di suguhkan dengan perbukitan, pegunungan menoreh, waduk sermo. Waduk Sermo merupakan bendungan terbesar di Jogja. Selain itu wisata kalibiru in menyediakan wahan permainan yang menguji adrenalin anda, seperti high rope dan flying fox.. Waktu terbaik mengunjungi wisata kalibiru ini saat musim hujan dimana pepohonannya berdaun hijau, namun saat musim kemarau daunnya akan meranggas dan menguning. Selain itu saat sore hari moment yang pas untuk menikmati sunset di atas menara pandang.

Fasilitas Wisata Kalibiru Kulon Progo

Wisata Kalibiru yang hits dan menjadi salah satu jujugan wisatawan di Jogja ini memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman sehingga para wisatawan yang berkunjung akan merasa betah berlama lama. Fasilitas tersebut diantaranya.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Homestay
  • Wahana Permainan
  • dan lain lain

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru Kulon Progo Jogja

Untuk menikmati obyek wisata ini, tentunya wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuknya. Harga tiket masuknya tergolong cukup terjangkau bagi semua kalangan wisatawan. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar 10K untuk wisatawan lokal dan 20K untuk wisatawan mancanegara.

Harga Tiket Masuk

  • Lokal    10K
  • Mancanegara    20K
Wisata Kalibiru Kulon Progo Harga Tiket Masuk
Wisata Kalibiru Kulon Progo Harga Tiket Masuk | Photo IG by @de51a

Jam Buka Wisata Kalibiru Kokap Kulon Progo

Bagi anda yang akan mengunjungi wisata hits di Kulon Progo ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari wisata Kalibiru tersebut. Wisata Kalibiru ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 4 sore.

Dan untuk saat ini sementara tutup dari tanggal 3 April 2022 kemarin dan akan kembali buka setelah ada pemberitahuan dari pihak pengelola melalui akun resmi Instagramnya @wisatakalibiru.

Jam Buka Wisata Kalibiru
  • Setiap Hari    08.00 - 16.00 WIB

Lokasi Wisata Kalibiru Kulon Progo

Dari tugu Jogja memerlukan waktu kurang lebih hampir 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh 34,5Km.

Lokasi Wisata Kalibiru ini berada di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Untuk akses dan rutenya bisa klik Wisata Kalibiru.

Wisata Kalibiru Kulon Progo Jam Buka
Wisata Kalibiru Kulon Progo Jam Buka | Photo IG by @ariesta_linda124
Wisata Kalibiru Kulon Progo Lokasi
Wisata Kalibiru Kulon Progo Lokasi | Photo IG by @ariesta_linda124

Demikian ulasan informasi mengenai Wisata Kalibiru, obyek wisata hits di Kulon Progo. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat berlibur di Jogja. Kritik dan saran warmly accept, sekian..

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama