Wisata Dalem Simbah Wonosalam Jombang Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi

Wisata Dalem Si Mbah Wonosalam - Review Tiket Masuk, Fasilitas dan Lokasi
Wisata Dalem Simbah Wonosalam - Jombang khususnya Wonosalam terkenal memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya hingga wisata kuliner semua tersaji lengkap dikota ini. Tak heran jika Jombong khususnya Wonosalam kini menjadi daya tarik banyak orang. 

Nah kali ini Jajan Dolan akan memberikan informasi tempat wisata baru di Wonosalam Jombang yang wajib Anda kunjungi. Tempat ini bernama Wisata Dalem Simbah, sebuah destinasi wisata baru di Wonosalam yang menawarkan konsep unik. Tak heran jika tempat wisata ini sangat rekomended untuk Quality Time bersama teman, kerabat dan keluarga.

Hadirnya Wisata Dalem Simbah tentu menambah pilihan destinasi di Jombang Jawa Timur untuk mengisi waktu weekend Anda. Selain menawarkan konsep wisata komplit, tempat ini telah menyediakan beragam fasilitas yang lengkap dengan harga tiket yang murah, terjangkau bagi semua kalangan.

Daya Tarik Wisata Dalem Simbah Wonosalam

Wisata Dalem Si Mbah merupakan destinasi wisata baru di Jombang yang lagi hits dan mulai ramai dikunjungi banyak wisatawan. Wisata ini memang tergolong masih sangat baru, karena baru resmi dibuka pada awal bulan November 2020 kemarin. 

Asal mula diberi nama Dalem Simbah ini karena pengelola wisata Chirly Lisdajani terbesit dalam pikirannya lantaran dirinya merupakan penggemar barang lama atau antik, yakni salah satunya rumah Jawa yang ada di lokasi wisata tersebut. 

Yang artinya ‘Duwe e Simbah’ atau Punyanya simbah, berhubung beliau suka rumah lama maka merasa ini “Kagungan’ne simbah” artinya rumah simbah. Hal ini menjadi salah satu panggilan jiwa beliau untuk mengelola punyanya tinih sepuh atau mengelola punyanya orang tua. Itulah asal usul pemberian nama dari wisata Dalem Simbah.

Wisata Dalem Simbah Carangwulung memiliki konsep unik, yakni tempat wisata yang memadukan daur ulang, hal ini terlihat dari adanya rumah jaman dulu dengan konsep kayu. Selain itu, ada juga sepeda onthel antik, motor klasik, serta andong yang menghiasi kawasan wisata ini.

Selanjutnya ikon utama dari wisata Dalem Simbah Wonosalam ialah gapura wayang serta tokoh Semar yang berukuran raksasa. Selain itu, tempat ini menawarkan nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi, karena terdapat juga alat gamelan Jawa lengkap yang digunakan penduduk sekitar untuk karawitan.
Wisata Dalem Si Mbah Wonosalam Jombang
Wisata Dalem Simbah Wonosalam Jombang
Selain memiliki barang-barang lama yang dilestarikan, pengelola wisata juga melestarikan pohon dan binatang, seperti pohon kepundung, juwet, aren, uni, ewoni, dan damar. Jadi wisatawan yang datang kesini tak hanya sekedar berwisata, namun juga diajak untuk wisata edukasi tentang kebudayaan.

Selain menawarkan wisata edukasi, Wisata ‘Dalem Simbah’ Wonosalam ternyata juga menawarkan pesona alam yang menawan. Mengingat Lokasi Dalem Simbah berada di puncak Wonosalam, Jombang tentunya menawarkan keindahan alam nuansa pegunungan nan asri.

Wisata Dalem Simbah Jawa Timur memang terbilang memiliki bangunan dan arsitektur yang apik. Maka tak heran jika tempat ini kerap dijadikan latar belakang berfoto selfie. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, jangan sampai lupa untuk siapkan kamera untuk mengabadikan momen.

Selain spot foto, Wisata baru di Wonosalam ini juga menyediakan beragam wahana asik seperti kolam renang, permainan air, mini zoo. Hingga kedepannya akan dibangun cottage dan camping ground. Tak heran jika tempat ini sangat ramah untuk anak anak.

Tiket Masuk Wisata Dalem Simbah Wonosalam

Sebelum anda mengunjungi tempat ini, tak ada salahnya jika mengetahui informasi Harga Tiket Wisata Dalem Simbah terlebih dahulu. Berikut Tiket Masuk / HTM Wisata Dalem Simbah Wonosalam :
  • Weekday : Rp 10.000
  • Weekend : Rp 15.000
  • Tarif Parkir : Rp 3.000
  • Tarif Perahu Bebek : Rp 10.000

Fasilitas Lengkap di Wisata Dalem Simbah Jombang

Setelah membayar tiket masuk yang telah ditetapkan, pengunjung tentu akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang memadai. Berikut fasilitasnya :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Kolam Renang
  • Perahu Bebek
  • Mini Zoo
  • Taman Kelinci
  • Spot Foto
  • Cafe / Resto
  • dan lainnya

Lokasi Wisata Dalem Simbah

Wisata Dalem Si Mbah berada di Jl. Raya Gondang, Area Sawah/Kebun, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61476. Untuk akses menuju lokasi cukup mudah dijangkau, karena tak jauh dari pusat kota. Jika Anda pernah mengunjungi kampung njawi akan lebih mudah menempukan, karena tinggal lurus dikit aja sudah sampai di Dalem Simbah. Loksai Wisata Dalem Simbah.

Galeri Foto

Wisata Dalem Si Mbah Jombang
Wisata Dalem Simbah Jombang
Harga Tiket Masuk Wisata Dalem Si Mbah Wonosalam
Harga Tiket Masuk Wisata Dalem Simbah Wonosalam
Lokasi Wisata Dalem Si Mbah Wonosalam
Lokasi Wisata Dalem Simbah Wonosalam
Wisata Baru di Wonosalam
Wisata Baru di Wonosalam
Photo by : 
@danfid
@galang_baser

Demikian ulasan informasi mengenai Wisata Dalem Simbah di Wonosalam, rekomendasi tempat wisata di Jombang yang lagi Hits. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel Jajan Dolan ini, Semoga bermanfaat dan menjadi referensi destinasi wisata anda. Kritik dan saran warmly accept..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama