Desa Wisata Krebet Bantul Yogyakarta Daya Tarik Kerajinan, Budaya & Alam

Desa Wisata Krebet Bantul Yogyakarta.- Sajian kali ini kita Jajan Dolan membahas edukasi wisata dari Kampung Krebet Bantul, terletak di Dusun Krebet Kelurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata krebet ini terletak di daerah pegunungan agak naik sedikit dari desa wisata kampung santan ( DEWI KAMSA ).

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet

Sejarah

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Salah seorang warga yang ikut membuka lahan adalah Nenek Kasem. Selama membuka lahan, Nenek Kasem sering melihat Pohon Krebet. Bentuknya yang besar memudahkan perempuan tua ini sehingga kemudian menamai wilayah yang dibukanya sebagai Dusun Krebet.

Daya Tarik Wisata Krebet

Desa wisata krebet salah satu desa sentra industri batik kayu yang memiliki potensi wisata baik dari sisi budaya maupun alamnya. Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menetapkan Krebet sebagai Desa Wisata. Sedangkan memalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia telah memfasilitasi Pengembangan Klaster Batik Kayu Krebet. Fasilitasi pelatihan dan alat, serta pameran telah diberikan demi berkembangnya batik kayu di Krebet.
Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Sentra industri kecil menengah Krebet Pajangan Bantul ini telah berdiri sebuah Koperasi Sidokaton yang beranggotakan 57 Anggota. Disperindagkop pada tahun ini telah memfasilitasi penyusunan katalog produk dan Video Profil sebtra yang bersifat informatif. Diharapkan dengan video profil sentra dapat digunakan sebagai sarana pengenalan produk batik kayu dan keunikannya kepada khalayak umum di dalam maupun luar negeri.

Adanya dukungan Disperindagkop Kabupaten Bantul diharapkan sentra industri batik kayu Krebet kesejahteraan dapat berkembang lebih pesat dan dapat meningkatkan masyarakat pengerajin batik kayu Krebet. Dengan ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja secara maksimal dan juga pembinaan generasi pengerajin batik kayu Krebet dapat berjalan dengan baik. Sehingga kerajinan batik kayu krebet dapat dinikmati dan dinikmati sebagai sebuah hasil kerajinan asli Bantul yang memiliki seni tinggi dan patut untuk dikoleksi dan dibanggakan. Hingga saat ini, Krebet menjadi sentra kerajinan batik kayu yang terkenal di Yogyakarta.

Kerajinan Batik Kayu

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Warga Krebet Pajangan Bantul memanfaatkan kayu sebagai media untuk membatik hingga mampu menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Selain itu Desa Wisata Krebet juga memiliki produk kerajinan bunga kering yang juga banyak diminati wisatawan.

 Karena polanya dibuat secara manual, tidak dicetak, maka membatik dengan media yang membutuhkan ketelitian tinggi. Proses membatik dengan media kayu tentu akan membutuhkan keterampilan tersendiri, berbeda dengan membatik di atas kain. Motif batik kayu yang dibuat oleh warga Krebet Pajangan Bantul adalah motif parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti, dan motif lainnya.

Produk kerajinan yang dihasilkan oleh warga Krebet adalah topeng, wayang, almari, asesoris rumah, perhiasan, dan hiasan batik kayu lainnya, untuk kisaran harganya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Adapun untuk pemasaran produk itu sendiri tidak hanya didalam negeri tetapi sudah sampai pasar mancanegara.

Budaya

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Warga Krebet Pajangan Bantul masih berasal dari tradisi tradisional seperti Karawitan, Kethoprak, Wayang Kulit, Sholawat Gendring, Mocopat, Tari, Kuda Lumping (Jathilan), Rebana. Merti Dusun, Suroan, Selikuran, Syawalan.

Upacara Merti Dusun Krebet adalah sebentuk upacara yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME dan berlangsung dengan pengarakan gunungan yang berisi bahan makanan yang dibuat seperti gunungan pokok di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada peringatan Muludan di Alun-alun Utara Jogja.

Prosesi acara dimulai dengan serah terima Gunungan yang dilaksanakan di halaman Masjid Dusun yang berada 1 Km dengan Pendapa Dusun Krebet yang digunakan sebagai Balai Pertemuan warga. Setelah selesai dilanjudkan dengan pengarakan Gunungan, jalan dusun Krebet ditutup dengan diiringi prajurit ala prajurit Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan diikuti warga dusun Krebet dengan membawa ubo rampe kenduri yang berisi pisang, apem, ketan, kolak, dan sesajian kembang yang dibawa sekitar 100 warga lebih sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat hasil bumi yang sangat melimpah.

Gunungan yang diarak ini berisi bahan makan pokok dan buah-buahan hasil bumi Krebet yang terdiri dari padi, labu, lombok, bawang merah, bawang putih, tomat, kacang panjang, wotel, dan buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel, anggur, anggur, dll. Semua tertata rapi di gunungan yang di buat dengan tinggi sekitar 1,5 meter sehingga tampak sangat indah seperti gunung yang kaya akan hasil bumi yang melimpah. Dengan cara seperti itu warga unkapkan rasa syukurnya dengan diiringi doa yang ditujukan kepada Tuhan YME.

Setelah sampai di pendapa kemudian gunungan diserahkan kepada sesepuh warga untuk diadakan doa bersama dengan panjatkan sebagai rasa syukur dan dilakukan seperti adat kenduri di Jawa.setelah doa selesai ubo rampe kenduri yang dibawakan oleh kepala keluarga warga Krebet kemudian dibagikan dan menjadi rebutan para warga yang di bawa berkah utnuk ikut menikmati hasil bumi Krebet.
Gunungan diserahkan kembali untuk dilanjudkan diarak menuju lapangan dekat pendapa untuk diserahkan pada warga dan menjadi rebutan warga dusun Krebet Bantul dan sekitarnya yang sangat ramai pada saat rebutan Gunungan dari anak kecil sampai orang tua tertuju menjadi satu di Gunungan yang dipercaya juga mendapatkan apa yang ada di Gunungan berkah.

Alam

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Jurang Pulosari merupakan air terjun yang terdapat di sisi barat Desa Wisata Krebet yang berbatasan dengan Dusun Triwidadi. Air terjun di Jurang Pulosari ini berbeda dengan air terjun pada umumnya aliran air yang jatuh membentuk seperti tirai-tirai putih yang tipis dan cantik, aliran air itu jatuh ke dasar sebuah kolam yang sangat cocok digunakan untuk bermain air atau bermain.
Air terjun Jurang Pulosari memiliki tinggi kurang lebih 5 meter dan kolam di dasarnya sedalam sekitar 3 meter.
Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah ketika musim penghujan karena debit air akan melimpah. Suasananya sangat mirip dengan jauh dari kota cocok untuk memilih diri dari segala hiruk pikuk kesibukan pekerjaan. Saat musim kemarau dapat juga dikunjungi, saja volume air mungkin di kolam akan surut dan tirai-tirai air yang jadi ikon di air terjun ini tidak bisa dilihat.

Homesatay

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet
Home stay sebagai bagian pelayanan untuk menyediakan tempat istirahat yang nyaman dan representatif sekaligus tempat berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga wisatawan dapat merasakan suasana hidup di pedesaan yang sesungguhnya. Tersedia sekitar 15 homestay di Desa Wisata Krebet.
Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet

Lokasi & Contact

Desa Wisata Krebet terletak di Dusun Krebet Kelurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih detailnya klik Desa Wisata Krebet.
Kontak Person Pengelola
Agus 085643764313
Panut 081325000543

Demikian ulasan kami tentang Wisata Krebet Pajangan Bantul,  terimaksih atas kunjungannya di Jajan Dolan, semoga bermafaat, cukup sekian..
Tetap patuhi protokol Kesehatan, stay safe & healthy
Lebih baru Lebih lama