Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta - Indonesia memilki beragam destinasi wisata yang telah mendunia, salah satunya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata ini pernah menyabet gelar sebagai Pemenang Desa Wisata Homestay Tingkat DIY di tahun 2019, Maju ke tingkat ASEAN berhasil meraih penghargaan ASTA ( ASEAN Suitanable Tourism Award ) di Thailand tahun 2018, di Singapura tahun 2017 berhasil menjadi pemenang ISTA dan maju ke tingkat ASEAN dan di Madrid Spanyol tahun 2021 berhasil menjadi Desa Wisata Terbaik UNWATO 2021. Nah pada kesempatan kali ini akan mengajak anda mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran yaitu dengan destinasi wisatanya yang terkenal yakni Gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung yang sudah mati atau sudah tidak aktif lagi, gunung ini sudah ada 60 sampai 70 juta tahun yang lalu oleh karenanya di sebut Gunung Purba. Dan saaat ini di wilayah ini telah menjadi destinasi wisata yang favorit dan menjadi jujugan wisatawaan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan tempatnya dan dengan harmonisaasi alamnya yang masih asri tentunya memiliki keeksotisan tersendiri, dan juga diwilayah sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran ini juga menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
Liburan yang menarik dan wajib dikunjungi saat di yogyakarta yang sanyang untuk dilewatkan. Memiliki berbagai wisata meanarik lainnya yang berada di sekitar Gunung Purba tersebut menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi. Tempat wisata yang pas untuk liburan dan mengisi akhir pekan di Jogja. Untuk itu mari simak ulasan Jajan Dolan berikut ini mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di Gunungkidul Yogyakarta.

Daya Tarik Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja

Untuk anda yang punya hobi mendaki gunung dan bisa untuk berfoto foto gaya instagenic tentu wisata Gunung Api purba Nglanggeran ini menjadi salah satu alternatif yang pas dan cocok ataupun sebagai pelampiasan hobi. Selain itu juga Gunung Purba yang memiliki sejarah menjadikan wisata menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alam dan puncak gunung berupa bebatuan dan di tumbuhi dengan pepohonan menjadikan panorama Gunung purba ini eksotis dan memanjakn mata.

Apalagi suasananya di ketinggian 700 mdpl menjadikan hawa sejuk dan adem namun enak terasa segar. cocok untuk anda yang sedang healing maupun mengusir kepenatan dari berbagai aktivitas sehari harinya. Bagi anda yang ingin camping dan bermalam disini ada tempat camping ground yang telah disediakan. Menikmati keindahan malam bertabur bintang di Gunung Purba, menjadi moment indah yang tak terlupakan.

Disekitar Gunung Api Purba ini juga ada berbagai tempat wisata menarik yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di wisata Gunung Api Purba, layaknya pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampui. Berikut ini beberapa wisata sekitar yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke wisata Gunung Api Purba Ngalnggeran.
Gunung Api Purba Nglanggeran Daya Tarik
Gunung Api Purba Nglanggeran Daya Tarik
Selain Puncak dari Gunung Api Purba dengan ketinggian 700 mdpl yang indah dan elok memanjakan mata sendiri, juga beberapa wisata sekitar Gunung Purba, berikut diantaranya

1. Embung Nglanggeran

Embung Ngalnggeran yang berarti tampungan air ini memiliki luas 0,34 hekataryang dimana berfungsi sebagi pengairan kebun buah durian jenis Montong dan kebun buah kelengkeng jenis Kane. Berjarak kurang lebih 1,5 KM dari pintu masuk ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung Nglanggeran ini adalah embung pertama yang dibangun pada pertengahan 2012 dan diresmikan pada Februari 2013 yang lalu. Embung atau waduk ini berada di ketinggian 495 mdpl dimana di yemapot ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset. Dengan area yang luas ini anda bisa melakukan kegiatan seperti gowes, jogging, gathering, temu kangen atau sekedar nongkrong menikmati keindahan alam dari hamparan perbukitan yang indah di sekitar. Embung ini juga menjadi tempat rujukan dan edukasi bagi desa lainnya yang ingin membangun embung atau waduk tampungan air.
Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran

2. Air Terjun Kedung Kandang

Wisata Air Terjun Kedung Kandang ini adalah air terjun musiman yang berada di selatan dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Dengan hamparan persawahan hijau yang dibuat terasering atau berundak oleh masyarakat atau petani di desa tersebut. Air terjun ini berada di tengah dan berupa undak undakan yang terbentuk dari batuan vulaknik. Aliran air yang deras dimana didapat dari saat musim hujan tiba. Sedangkan saat musim kemarau debit airnya sedikit dan kurang indah. Untuk itu saat datang ke tempat Air Terjun Kedung Kandang ini sebaiknya pas musim hujan. Anda dapat befoto foto di bebatuan, tapi tetap hati hati, adapun jika tidak ingin basah basahan, tempat wisata ini juga menyediakan spot foto berupa gardu pandang sehingga bisa berfoto puas tanpa kebasahan. Selain itu juga kesegaran air yang jernih juga bisa anda rasakan.
Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang

3. Kampung Pitu

Pitu yang dalam bahasa indonesai berarti tujuh. Kampung Pitu merupakan kampung atau desa yang berbasis budaya di Nglanggeran. Sesuai namanya Pitu yang berarti didalam kampung tersebut hanya ada Kepala Keluarga yang berjumlah tujuh. Ini menandakan kampung itu tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih dari tujuh Kepal keluarga. Terletak di sebelah timur dari Gunung Api Purba Nglanggeran.
Kampung Pitu Nglanggeran
Kampung Pitu Nglanggeran

Harga Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang di suguhkan dan budaya yang melekat di desa wisata Nglanggeran tentunya anda wajib membayar retribusi biaya masuknya. Harga terjangkau dan aman dikantong. Berikut mengenai harga tiket masuknya
HTM Domestik
  • Tiket Gunung Api Purba Nglanggeran    20K untuk malam hari dan 15K untuk siang hari
  • Tiket Air terjun Kedung Kandang    7K
  • Tiket Embung Nglanggeran    15K untuk malam hari dan 10K untuk siang hari
  • Tiket Kampung Pitu    15K
HTM Mancanegara
  • Tiket Gunung Api Purba Nglanggeran    30K
  • Tiket Air Terjun Kedung Kandang    20K
  • Tiket Embung Nglanggeran    30K
  • Tiket Kampung Pitu    30K
Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja Harga Tiket Masuk
Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja Harga Tiket Masuk

Jam Buka Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Untuk pergi wisata ke kawasan gunung Api Purba Nglanggeran ini sebaiknya untuk mencari tahu jam buka dari tempat desa wisata terbaik di Indonesia tersebut. Untuk jam bukanya selama 24 jam di setiap harinya, jadi untuk anda bisa datang kapanpun.
Jam Buka Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Setiap Hari    24 jam

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul Jogja

Fasilitas tersebut juga memadai dan nyamn bagi para wisatawannya. Fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan sebagai penunjang kenyamanan para wisatawannya, berikut beberapa fasilitasnya dari Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Area Parkir
  • Camping Gound
  • Toilet
  • Mushola
  • Kuliner
  • Homestay
  • Gift Shop Coklat
  • Balai Pertemuan
Gunung Api Purba Nglanggeran Fasilitas
Gunung Api Purba Nglanggeran Fasilitas

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Lokasi dari obyek wisata terkenal di Dunia ini berada di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862.

Untuk lokasi dan rute aksesnya bisa klik Gunung Api Purba Nglanggeran.
Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja Lokasi
Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja Lokasi
Gunung Api Purba Yogyakarta
Gunung Api Purba Yogyakarta
Wisata Hits Yogyakarta
Wisata Hits Yogyakarta
Wisata Hits Gunungkidul
Wisata Hits Gunungkidul
Gunung Purba Di Indonesia
Gunung Purba Di Indonesia
Info Wisata Yogyakarta
Info Wisata Yogyakarta
Photo IG
by @gunungapipurba
by @irimdj
by @ratrioctavian_
by @capturemedia.id
by @nanda.respati
by @jadesta.official
by @voilajogja
by @bingah_inawati
by @sugengagussubekti
by @djlilik_

Demikian ulasan informasi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran, tempat wisata eksotis dari Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul Jogja. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga menjadi rferensi liburan anda di Yogyakarta. Kritik dan saran warmly accept, sekian..
Tetap Patuhi protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama