Curug Awang Geopark Ciletuh Sukabami Daya Tarik

Curug Awang Geopark Ciletuh Sukabami - Pemandangan dan keindahan di kota Sukabumi ini memang begitu mempesona, apalagi suasana pedesaan yang masih asri dan terjaga. Nah dengan adanya tempat Geopark yang ada di Sukabumi dimana berada di daerah Ciemas, tempat wisata yang ada di sini berupa wisata alam. Lokasi dari wisata alam tersebut berada di dekat persawahan warga. Keindahan dari wisata alam tersebut begitu memanjakan mata, apalagi semilir angin menambah nuasa kesegaranan dan kesejukan. Nah Jajan Dolan akan mengajak anda mengunjungi kawasan wisata alam yang berada tepat di sebelah selatan Pantai Pelabuhan Ratu.

Curug Awang merupakan tempat wisata yang telah resmi diakuai oleh UNESCO dimana merupakan bagian dari Geopark Dunia. Geopark adalah singkatan dari Geological Park atau Taman Geologi atau sering disebut Taman Bumi. tempat wisat yang memiliki unsur geologi yang memiliki Arkeolog, Ekologi dan Budaya diaman masyarakat berperan penting untuk melindungi dan meningkatkan fungsi dari alam yang menjadi warisan tersebut. memiliki daya tarik serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas unik dan menarik sehingga wisatawan yang ingin berkunjung akan terkesan dengan tempat wisata tersebut.
Curug AwangGeopark Ciletuh Sukabumi
Curug AwangGeopark Ciletuh Sukabumi
Wisata alam berupa air terjun ini menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket dan lokasi dari Curug Awang tersebut. Keindahan alam sekitar yang masih terjaga kelestariannya dan juga berlokasi di persawahan pastinya pesonanya sangat memanjakan mata dan udaranya segar. Curug Awang ini dijluki juga dengan Niagaranya Sukabumi karena kemiripan dari segi aliran airnya yang membentuk seperti tirai. Untuk itu kami Jajan Dolan akan mengulasnya untuk anda mengenai Curug Awang, beriku ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Curug Awang Geopark Ciletuh

Wisata alam yang menjadi bagian dari Geopark Ciletuh ini nemiliki ketinggian air terjun sekitar 40 meter dengan lebar 60 meter. Makanya Curug Awang sering disebut juga dengan Air Terjun Niagaranya Pulau Jawa. Air mengalir dari berbagai sisi, melalui tebing yang berwarna merah bata dengan debit aliran air yang banyak tersebut maka memang tampak air terjun Niagara yang ada di Benua Amerika.

Memasuki kawasan wisata alam air terjun tersebut sudah terasa keasriannya dan kesejukan udaranya karena memang berada di lokasi persawahan yang masih nampak asri, dan juga di kelilingi banyak pepohonan rimbun yang hijau dan rindang. Fasilitas yang menarik berupa jembatan kayu yang dibuat diatas sawah tersebut memudahkan akses menuju Curug Awang ini, dan juga menjadi lokasi atau spot foto instagramable di tempat wisata alam ini.
Curug Awang Sukabumi Daya Tarik
Curug Awang Sukabumi Daya Tarik
Memiliki sebuah kolam alami yang dihiasi dengan hamparan bebatuan merah bata. Air yang mengalir di Curug Awang ini berasal dari Sungai Ciletuh dengan debit yang deras, maka dari itu di kolam alami ini jarang digunakan untuk bermain dan mandi karena derasnya aliran.

Banyak kegiatan menarik seru dan menyenangkan bisa anda lakukan,sperti mengeksplorasi keindahan diatas Curug Awang dengan berjalan kaki, namun perlu di ingat hanya pas aliran airnya surut saja. Diatas ini anbda bisa berfoto selfie dan menikmati panorama air terjun yang terlihat indah dari atas curug ini. Kegiatan lainnya seperti bermain air di bebatuan yang terhampar di bawah Curug Awang tersebut. Disini juga bisa menjadi spot instagenic untuk berfoto, dengan latar belakan air terjun beraliran air yang deras menjadikan hasil photo anda terlihat instagramable.
Air Terjun Geopark
Air Terjun Geopark
Waktu yang tepat untuk pergi mengunjungi wisata Curug Awang Geopark ini saat musim hujan karena debit airnya akan melimpah dan menciptakan pesona air terjun yang eksotis. Sedangkan di musim kemarau aliran air terjunnya hanya sedikit sehingga dengan kelebaran dari Curug Awang tersebut tidak semuanya teraliri oleh air.

Fasilitas Curug Awang Sukabumi Jawa Barat

Wisata alam yang terkenal di Jawa Barat berupa air terjun ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan nyaman sehingga para wisatawan akan merasa betah untuk berlama lama. Fasilitas tersebut diantaranya
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Warung kuliner
  • Spot foto
  • Jembatan Kayu
  • dan lain lain
Curug Awang Sukabumi Fasilitas
Curug Awang Sukabumi Fasilitas

Harga Tiket Masuk Curug Awang Ciemas Sukabumi

Untuk memasuki air terjun yang terkenal di Jawa Barat ini, anda diharuskan membayar tiket masuknya. Harga tiket masuk yang terjangkau dan aman di kantong. Sebesar 3K suadah bisa menikmati keindahan air terjun yang mirip Niagara di Benua Amerika.
  • Harga Tiket Masuk    3K
Tarif Parkir
  • Sepda motor    3K
  • Mobil    5K
Curug Awang Sukabumi Harga Tiket Masuk
Curug Awang Sukabumi Harga Tiket Masuk

Jam Buka Curug Awang Geopark Ciletuh 

Bagi anda yang ingin perhi mengunjungi wisata air terjun yang menjadi bagian dari Geopark Ciletuh ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari Curug Awang tersebut. Curug Awang ini dibuka 24 jam. jadi anda bisa datang kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung saat pagi hari atau sore hari, sehingga cuaca yang tidak terlalu panas.
  • Jam Buka Curug Awang    24 Jam
Curug Awang Sukabumi Jam Buka
Curug Awang Sukabumi Jam Buka

Lokasi Curug Awang Sukabumi Jawa Barat

Lokasi yang terletak di persawahan di mana masuk pedesaan ini, jalannya masih berbatu masuk ke dalam kebum sawit, namun pemandangan dalam perjalanan memasuki wisata ini sungguh indah jadi sangat memanjakan mata.

Lokasi Curug Awang berada di kawasan Geopark Ciletuh dengan lokasi yang ada di Cibenda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177. Untuk rute dan aksesnya bisa klik Curug Awang.
Curug Awang Sukabumi Lokasi
Curug Awang Sukabumi Lokasi
Wisata Air Terjun Jawa barat
Wisata Air Terjun Jawa barat
Info Wisata Alam Jawa barat
Info Wisata Alam Jawa barat
Photo IG
by @sukabumi_
by @muhammadsidik99
by @jalanjalandijawa
by @jabargram
by @sukabumiexplore
by @hny_indonesia
by @ilovesukabumi


Demikian ulasan informasi mengenai Curug Awang, wisata air terjun yang terkenal di Sukabumi Jawa Barat. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi destinasi liburan di Jawa Barat. Kritik dan saran warmly accept,sekian..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama