Bukit Klangon Sleman Jogja Tiket dan Daya Tarik

Bukit Klangon Sleman Jogja - Selalu ada yang menarik di kota Jogja. Kota yang selalu diminati banyak kalangan terutama wisatawan dengan berbagai keunikan dan daya tarik dari kota Yogyakarta. Malioboro yang menjadi pusat atau jantung pariwisata Jogja ini selain menjadi landmark juga ikon dari kota Pelajar ini. Memiliki beragam dan daya tarik mengenai wisatanya tentu ini menjadi suatu pilihan bagi wisatawan untuk memilih berlibur di kota Jogja. Salah satu yang menarik yakni sebuah wisata yang ada di kaki Gunung Merapi, dengan daya tarik dan keindahannya. Mak tak heran ini menjadi suatu pilihan destinasi yang selalu diminati wisatawan saat berkunjung.

Kali ini Jajan Dolan akan mengajak anda mengunjungi sebuah destinasi wisata hits dan menarik yang menjadi hal wajib di kunjungi saat berlibur. Destinasi wisata bernama Bukit Klangon, sebuah kawasan dataran tertinggi yang di huni banyak warga dengan menyuguhkan pemandangan gunung Merapi di Sleman Jogja. Bukit Klangon juga dikenal dengan sebutan Bukit Indah Glagaharjo dimana tempat itu berada di Desa Glagaharjo. Pesona perbukitan hingga kegagahan Gunung Merapi nampak jelas dari tempat wisata ini. Obyek wisata terbaru di buka tahun 2011 berupa pemandangan alam Gunung Merapi dan sekitarnya yang cocok untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Bukit Klangon Sleman Jogja
Bukit Klangon Sleman Jogja | Photo IG by @pesona_klangon

Obyek wisata hits di Sleman ini selain pemandangannya yang memanjakan mata dari Gunung Merapi, juga berbagai keseruan dan ragam aktivitas menyenangkan bisa anda jumpai. Bahkan aktivitas geologi vulkanik dari Gunung Merapi bisa terlihat jelas dari Bukit Klangon ini. Meskipun wisata di Bukit Klangon ini terlihat sepi di bandingkan dengan Bukit Kaliurang namun daya tarik dan keunikan dari wisata ini tentu memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi keunggulannya. Berbagai informasi menarik di atas tentunay wisata di lereng kaki Gunung Merapi ini menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, tiket masuk, jam buka dan lokasi dari Bukit Klangon, berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Bukit Klangon Sleman Jogja

Menikmati Bukit Klangon menjadi daya tarik utama dari wisata hits di Sleman ini, berada di ketinggian 1100 mdpl dimana daerah berkawasan dengan udara dingin serta udara yang sejuk. Maka dari itu wisatawan yang berkunjung di sarankan memakai pakaian tebal atau jaket. Menikmati kesejukan udara dengan keindahan pemandangan berupa hamparan perkebunan warga dengan kesuburan tanahnya dan juga pepohonan hijau yang tampak bergerombol tumbuh di berbagai tempat. Dari sini bisa terlihat jelas puncak Gunung Merapi yang tinggi dan terlihat gagah sebagai obyek utamanya.

Meskipun sudah lama di buka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu namun obyek wisata dengan menawarkan berbagai spot keindahan ini tidak pernah sepi oleh para pengunjungnya. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia berupa spot foto seperti Gardu Pandang setinggi 5 meter yang bisa melihat leluasa dengan jelas panorama Gunung Merapinya. Namun untuk cuaca mendung keindahan ini akan terhalang oleh kabut. Selain itu ada sebuah spot foto panggung bambu dengan latar belakang lembah yang menjadi latarbelakang spot foto indahnya.

Bukit Klangon Jogja Daya Tarik
Bukit Klangon Jogja Daya Tarik | Photo IG by @hajar_prasetyo

Obyek wisata yang juga di huni warga dan juga sebagai tempat wisatanya, kawasan bukit ini juga di jadikan hutan konservasi. Dimana sering digunakan sebagai penelitian, bahkan sudah ada prasasti  HPKKH atau Prasasti Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjosoemantri yang di resmikan pada tahun 2012 akhir oleh Menteri Kehutanan pada saat itu yakni Zulkifli Hasan dan Ketua Kagama serta Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Beragam aktivitas dan keseruan bisa anda dapatkan di tempat ini selain sajian pemandangan dari alam sekitar. Beragam aktivitas seperti bercamping dengan bermalam sembari menikamati keindahan alam seolah menyatu dengan alam sekitar. Ada juga Downhill dengan arena tau trek yang telah tersedia, dimana ini akan menguji ketangkasan dan adrenalin anda. Dan mendaki bukit atau trekking yang tak boleh di lewatkan dimana jarak dengan Gunung Merapi hanya 5 Km saja.

Fasilitas Bukit Klangon Gunung Merapi Jogja

Fasilitas yang tersedia juga memadai dengan di tambah dari beragam keseruan yang ada. Fasilitas yang cuku lengkap dan nyaman sehingga para pengunjung atau wisatawan betah berlama lama. Fasilitas seperti.

  • Area Parkir
  • Camping Ground
  • Bike Park
  • Trekking
  • Piknik
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Kuliner
  • dan lain lain
Bukit Klangon Jogja Fasilitas
Bukit Klangon Jogja Fasilitas | Photo IG by @pesona_klangon

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Sleman Jogja

Untuk memasuki kawasan wisata di Bukit Klangon pengunjung tentunya akan dikenakan biaya tiket masuknya, tiket masuk tersebut jika anda ingin berencana camping saja. kalau hanya berkunjung dan menikmati pesona dengan berfoto hanya akan dikenakan tarif parkirnya saja.

Tarif Parkir

  • Sepeda Motor    3K
  • Mobil    5K

Camping     15K

Dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut

  • Wajib memberitahu dengan mengkonfirmasi lewat WA 081334940725
  • Datang di jam dan hari yang buka ( malam sabtu dna malam minggu + hari libur nasional, hati biasa juga bisa namun biasanya sepi
  • Daftar ulang di lokasi
  • Bayar retribusi camping
  • Bercampinbg di tempat yang telah di sediakan, jika tidak akan di kenai sanksi
  • Tidak boleh mencari kayu bakar
  • Parkir di tempat yang telah disediakan dan harus menghadap ke jalan keluar
  • Tidak boleh bunyikan sirine, klakson, peluit, kembang api dan sejenisnya
  • Batas acara musik / sound 11 malam
  • Tidak meninggalkan sampah dan merusa fasilitas yang ada
  • Dilarang teriak teriak dan membuat gaduh
  • Jumlah camping per malam di batasi hanya 150 orang

Untuk saat ini wisata Bukit Klangon ini hanya di buka untuk kunjungan umum saja. Untuk kegiatan camping dan night ride masih di tutup. Dikarenakan status dari Gunung Merapi saat ini Siaga Level III.

Untuk mengetahui perkembangan situasi dan informasi, selengkapnya bisa mengunjungi akun resmi Instagramnya @pesona_klangon.

Bukit Klangon Jogja Harga Tiket Masuk
Bukit Klangon Jogja Harga Tiket Masuk | Photo IG by @hyoubie

Jam Buka Bukit Klangon Sleman Jogja

Bagi anda yanhg ingin mengunjungi wisata hits Jogja di kaki Gunung Merapi ini,, sebaiknya mengetahui jam buka dari wisata Bukit Klangon ini. Di karenakan status Gunung Merapi Siaga level III, untuk jam bukanya hanya berlaku pagi sampai sore saja.

Jam Buka Bukit Klangon

  • Setiap Hari    07.00 - 18.00 WIB
Bukit Klangon Jogja Jam Buka
Bukit Klangon Jogja Jam Buka | Photo IG by @pesona_klangon

Lokasi Bukit Klangon Yogyakarta

Berada di kaki Gunung Merapi, dimana selalu mencari tahu info dan update terkini mengenai Status Gunung Merapi dan obyek wisatanya. Dari Tugu Jogja membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak 30,5 Km.

* Saran rutenya sebagai berikut, dimana masih di bingungkan dengan GMaps.

Yang dari arah Jogja dan sekitarnya gunakan Gmaps dengan tujuan utama ke SABO BRONGGANG daerah Cangkringan, kemudian ambil kiri jalan Gadingan arah ke Klangon, dan ikut jalan lurus terus ke utara tersebut, sampai di Strawberry Klangon, dan lokasi dari Bukit Klangon tidak jauh dari tempat tersebut dan sudah terlihat dari plakatnya.

Lokasi Bukit Klangon ada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55583.

Bukit Klangon Jogja Lokasi
Bukit Klangon Jogja Lokasi | Photo IG by @banu.sponscar

Demikian ulasan informasi mengenai Bukit Klangon, wisata hits di kaki Gunung Merapi Sleman Jogja. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan di kota Jogja. Kritik dan saran warmly accept, sekian..

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama