Bukit Pengilon Gunung Kidul Daya Tarik dan Tiket Terbaru

Bukit Pengilon Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta menyajikan destinasi wsaita alam yang membuat takjub banyak orang, diantara destinasi wisata tersebut yakni berada di Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul sendiri memang terkenal dengan sajian wisata alamnya yang sangat memukau. Meskipun tempat wisata yang banyak di jumpai berupa keindahan pantai selatannya, namun diantara semua wisata yang ada di Gunung Kidul yang menjadi sorotan yang mana ini menyajikan pemandangan perbukitan yang hijau. New Zealand negara yang menyajikan pemandangan alamnya yang hijau dan langit biru yang jernih dan ini bisa anda jumpai ketika berkunjung ke Gunung Kidul. Nah Jajan Dolan kali ini akan mengajak anda mengunjungi destinasi wisata hits dan terkenal di Gunung Kidul.

Bukit Pengilon merupakan obyek wisata alam terbaru di Gunung Kidul, menyajikan pesona keindahan dan kesejukan perbukitan hijau. Gunung Kidul yang terkenal dengan wisata alamnya berupa pantai namun kini wisata dengan perbukitan hijaunya ini juga menjadi jujugan akhir akhir ini, dimana menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain indahnya perbukitan hijaunya adna juga bisa menikmati panoram pantai dengan air lautnya warna biru, sungguh perpaduan yang mempesona. Tempat yang cocok untuk healing dari keramaian perkotaan yang padat dengan hiruk pikuknya.

Bukit Pengilon Gunung Kidul
Bukit Pengilon Gunung Kidul | Photo IG by @veraninda05

Penampakan alam yang serupa dengan negeri tetangganya Australia yakni New Zealand tersebut tentunya menarik untuk diulas mulai dari daya tarik fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi dari Bukit Pengilon. Bukit Pengilon ini merupakan sisa sisa dari Gunung Api Purba Batur, menghadap persis ke pantai selatan. Bukit Pengilon ini menyajikan panorama pesisir dari dataran tinggi. Berikut ulasan selengkapnya mengenai Bukit Pengilon di Gunung Kidul tersebut.

Daya Tarik Bukit Pengilon Gunung Kidul Yogyakarta

Bukit Pengilon yang sedang hits dan viral di berbagai media sosial ini menyajikan keindahan panorama perbukitan hijau yang indah dan mempesona. Dengan perpaduan keindahan langit biru dan pantai selatannya yang menawan yang menyejukan mata membuat tempat ini bisa menjadi lokasi untuk helaing atau melepas penat dan merefresh pikiran. Nama Pengilon sendiri memiliki arti cermin, dimana konon katanya di bukit ini terdapat batu yang menyerupai cermin. Tidak di ketahui dengan jelas tentang keberadaannya maupun wujudnya, yang pasti disini terdapat bebatuan besar yang tersebar di beberapa titik.

Berada di daerah Gunung Kidul, namun untuk menuju ke tempat Bukit Pengilon ini di butuhkan tenaga extra. Jalur trekking yang naik turun cukup memakan tenaga dan waktu, namun akan terbayarkan dengan pemandangan menakjubkan dari obyek wisata ini. Jalan setapak hanya bisa di lalui dengan jalan kaki dan atau kendaraan roda dua, jalur yang menyempit dan terjal di pinggiran bukit membuat anda harus hati hati. Keindahan selama perjalanan juga tak kalah indah, area sawah, air terjun dan pemandangan laut di balik bukit menemani perjalanan anda menuju lokasi Bukit Pengilon.

Bukit Pengilon Gunung Kidul Daya Tarik
Bukit Pengilon Gunung Kidul Daya Tarik | Photo IG by @alennagms

Saat tiba di obyek wisatanya anda akan di sambut dengan pemandangan laut selatan yang eksotis. Pemandangan terlihat laut, langit, dan bukit hijau akan terlihat begitu jelas saat hari cerah. menikmati Kesejukan udara dari laut dan juga terlihat disisi barat ada sebuah air terjun Banyu Tibo yang mengair dari atas melalui tebing. Menikmati keindahan tempat wisata ini tidak cukup hanya itu saja, anda bisa bercamping atau berkemah di Bukit Pengilon ini sehingga bisa berlama lama di tempat wisata ini.

Di obyek wisata Bukit Pengilon ini tentunya kegiatan seru lainnya yang tak boleh terlewatkan yakni berfoto dengan alam yang indah, pemandangan lautan dan perbukitan hijau yang di padu dengan langit biru menghasilkan foto yang bernilai fotografi. Anda juga bisa memancing di area kaki bukit namun tetap harus waspada dan hati hati karena terlihat curam dan terjal.

Fasilitas Bukit Pengilon Gunung Kidul Jogja

Walaupun cukup menguras tenaga untuk dapat mencapai di lokasi wisatanya, disini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang nyaman namun terlihat masih minim, tapi cukup untuk menemani aktivitas berlibur anda saat berada di Bukit Pengilon. Berikut beberapa fasilitasnya.

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kedai/ Warung Kuliner
  • Jalan Setapak yang sudah di pagari
  • dan lain lainnya

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon Gunung Kidul

Untuk menikmati suasana dan keindahan obyek wisata hits dan terkenal di Gunung Kidul ini. anda juga di kenakan biaya tiket masuknya. Harga tiket masuknya terjangkau cukup membayar 5K saja dan juga akan ada biaya tarif parkir kendaraan anda. Berikut informasi selengkapnya.

  • Harga Tiket Masuk    5K
Tarif Parkir
  • Sepeda Motor    2K
  • Mobil    5K
Bukit Pengilon Gunung Kidul Harga Tiket Masuk
Bukit Pengilon Gunung Kidul Harga Tiket Masuk | Photo IG by @sriutami.er

Jam Buka Bukit Pengilon Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi anda yang ingin menuju berlibur dan menikmati suasana ke obyek wisata layaknya negara New Zealand ini sebaiknya mengetahui jam buka dari Bukit Pengilon tersebut. Namun tak usah khawatir anda bisa berkunjung kapan pun, alangkah baiknya untuk berkunjung saat matahari masih bersinar, mengingat jalan yang di lalui cukup menantang.

  • Jam Buka    24 jam

Lokasi Bukit Pengilon Gunung Kidul

Berada dekat dengan lokasi dari pantai Siung dan Wedi Ombo. dari pantai Siung hanya butuh 15 menit untuk trekking menuju ke Bukit Pengilon. Dan dari Tugu Jogja memerlukan waktu 2 jam 15 menit dengan jarak 76,8 Km melalui via jalur tercepat.

Lokasi dari Bukit Pengilon berada di Area Hutan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Untuk rute dan akses lebih jelasnya bisa klik Bukit Pengilon.

Bukit Pengilon Gunung Kidul Fasilitas
Bukit Pengilon Gunung Kidul Fasilitas | Photo IG by @alannrprtma19
Bukit Pengilon Gunung Kidul Jam Buka
Bukit Pengilon Gunung Kidul Jam Buka | Photo IG by @hasantfq
Bukit Pengilon Gunung Kidul Lokasi
Bukit Pengilon Gunung Kidul Lokasi | Photo IG by @teeyyee__
Wisata Hits Gunung Kidul
Wisata Hits Gunung Kidul | Photo IG by @lalangbayyu

Demikian ulasan informas mengenai Bukit Pengilon, wisata hits dan populer di Gunung Kidul dengan pemandangan alam yang hijau seperti di New Zealand. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat berlibur saat berkunjung di Jogja. Kritik dan saran warmly accept, sekian..

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama