Candi Borobudur Magelang Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah - Indonesia memiliki kekayaan baik alam maupun situs peninggalan kerajaan yang menjadi warisan landmark yang tak ternilai. Zaman Pemerintahan Kerajaan dahulu kala memang begitu banyak meninggalkan jejak jejak warisan berupa situs situs candi yang tersebar di penjuru negeri nusantara ini, khususnya tanah jawa. Zaman kerajaan Hindu Budha memang mendominasi pada saat itu sebelum kekuatan kerajaan islam tumbuh dan berkembang. Salah satu peninggalan kerajaan berupa situs candi terbesar di Indonesia ini ada di daerah Magelang.

Jajan Dolan akan mengajak anda mengunjungi salah satu obyek wisata cagar budaya berupa situs candi yang terkenal hingga masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Obyek wisata bernama Candi Borobudur, merupakan obyek wisata cagar budaya berupa candi yang terkenal dan hits di Indonesia. Obyek wisata budaya ini menjadi tempat destinasi wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, teman maupun pasangan anda. Kemegahan candi ini memang sungguh elok dan mempesona bagi siapapun yang datang mengunjunginya, tak heran jika setiap harinya selalu di padati wisatawan.

Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang  | Photo IG by @bungamelliana

Sebuah situs candi di daerah Magelang yang kini menjadi sebuah jujugan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini memiliki berbagai informasi yang menarik untuk di ulas, mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi dari Candi Borobudur tersebut. Sebuah Candi terbesar di dunia ini di temukan oleh pasukan inggris pada tahun 1814. Kemudian di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles, pasukan inggris membersihkan area candi tersebut hingga selesai pada tahun 1835. Berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Obyek wisata budaya berupa situs Candi Borobudur ini merupakan peninggalan budha terbesar di Indonesia bahkan dunia pada tahun 780 - 840 masehi. Candi yang dibangun pada masa kerajaan Amaratungga pada abad ke sembilan dinasti Syailendra ini dimaksudkan sebagai tempat ziarah. Candi yang di bangun berdasarkan arsitektur Mandala, dimana pada kepercayaan budha berarti alam semesta. Desain berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan lingkaran sebagai titik. Candi Borobudur ini terbagi dalam dua bagian, yakni bagian alam dunia dan bagian alam nirwana.

Candi ini memiliki tiga zona dimana masing masing zona tersebut memiliki arti berbeda, ona tersebut ialah zona Kamdhatu, Rupadhatu, Arapadhatu. Dan yang membuat menarik adalah relief candi yang merupakan rangkain cerita epik dimana wisatawan jarang mengetahuinya.

Candi Borobudur Magelang Daya Tarik
Candi Borobudur Magelang Daya Tarik | Photo IG by @citr.ardiaaa

Menikmati kemegahan candi yang merupakan warisan dunia ini memiliki taman asri yang berada di zona dua yakni Taman Lambini, yang biasa di sewa untuk berbagai event dan acara dengan ruang terbuka. Candi yang begitu megah dengan memiliki sembilan tingkatan yang membuat candi ini tinggi, dimana sering dimanfaatkan para wisatawan untuk melihat sunrise dan juga berswafoto. Saat waktu pagi merupakan moment pas karena masih sepi dengan wisatawan yang berkunjung.

Area candi yang sangat luas ini tentunya banyak aktivitas seru dan menarik selain menikmati keindahan dari megahnya Candi Borobudur ini. Diantaranya mengunjungi museum GUSBI ( Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia ), Museum Kapal Samudra Raksasa, Museum Borobudur. dan diantara yang menarik yakni naik kereta odong odong mengelilingi area candi yang sangat luas, perjalanan yang akan membawa anda melihat pemandangan yang menyenangkan, salah satunya melewati kandang Gajah.

Fasilitas Candi Borobudur Magelang

Obyek wisata yang terkenal dan populer di Indonesia bahkan sampai mancanegara ini memiliki fasilitas yang memadai kepada para wisatawannya. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman sehingga pengunjung merasa betah berlama lama berada di di Candi Borobudur tersebut. Berikut beberapa fasilitas diantaranya.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Taman Bermain
  • Tempat Kuliner
  • Gift Shop
  • Information Tourism Center
  • dan lain lain

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Magelang

Untuk memasuki obyek wisata budaya berupa candi ini tentunya akan dikenakan tiket masuk bagi para wisatawan yang berkunjung. Tiket masuk di Candi Borobudur dibagi dalam tiket individu dan tiket rombongan. Berikut informasi tiket selengkapnya.

Harga Tiket Candi Borobudur

  • Tiket Dewasa Lokal 50K
  • Tiket Anak Lokal (3-10 tahun) 25K
  • Tiket Rombongan Minimal 20 Orang 25K
  • Tiket Turis Dewasa Mancanegara $25
  • Tiket Turis Anak Mancanegara (3-10 years) $15

Paket Tiket terusan

  • Paket Terusan Borobudur & Prambanan Dewasa 75K
  • Paket Terusan Borobudur & Prambanan Anak-Anak 35K
  • Paket Terusan Borobudur & Ratu Boko Dewasa 75K
  • Paket Terusan Borobudur & Ratu Boko Anak-Anak 35K
Candi Borobudur Magelang Harga Tiket Masuk
Candi Borobudur Magelang Harga Tiket Masuk | Photo IG by @_hingar_

Jam Buka Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Bagi anda yang ingin mengunjungi situs candi terbesar di dunia yang ada di Magelang Jawa Tengah ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari obyek wisata budaya tersebut. Candi Borobudur ini buka setiap hari dari pagi hari sampai sore hari.

Jam Buka Candi Borobudur    Setiap hari
  • Loket Tiket    07.30 - 16.00 WIB
  • Kunjungan Plataran    08.30 - 15.30 WIB
  • Istirahat    15.00 - 15.15 WIB

Lokasi Candi Borobudur Magelang

Dari kota Magelang berjarak 17,6 Km dan waktu tempuh 30 menit. Karena ada di perbatasan Jogja dan Jawa tengah, tentunya saat wisatawan dari kota Jogja menuju ke Candi Borobudur membutuhkan waktu 1 jam 10 menit dengan jarak tempuh 39,3 Km dari Tugu Jogja.

Lokasi dari Candi Borobudur berada di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuknakses dan rutenya bisa klik Candi Borobudur.

Candi Borobudur Magelang Jam Buka
Candi Borobudur Magelang Jam Buka | Photo IG by @bungamelliana
Candi Borobudur Magelang Lokasi
Candi Borobudur Magelang Lokasi | Photo IG by @syahmartian

Demikian ulasan informasi mengenai Candi Borobudur, obyek wisata budaya yang hits dan terkenal di Magelang sampai Mancanegara. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat liburan dan wisata di Magelang Jawa Tengah. Kritik dan saran warmly accept, sekian..

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama