Candi Ratu Boko Jogja Harga Tiket Masuk Terbaru

Candi Ratu Boko Jogja - Peninggalan masa pemerintahan kerajaan zaman dahulu memang menjadi suatu landmark tersendiri di berbagai kota. Luasnya pemerintahan kerajaan juga di pengaruhi dengan bangunan bangunan candinya yang ada di berbagai kota di Indonesia khusunya Jawa. Jogja sendiri juga memiliki situs candi yang terkenal dengan pemandangan latarbelakang alamnya. Wisata cagar budaya berupa candi ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain untuk berwisata, candi juga menjadi salah atau edukasi tentang sejarah pada zaman kerajaan dahulu.

Nah Jajan Dolan akan mengajak anda mengunjungi wisata budaya berupa candi, dimana ini masih dalam satu kepengurusan yang sama dengan Candi Brobudur tentunya hal yang wajib untuk dikunjungi. Obyek wisata bernama Candi Ratu Boko, merupakan sebuah kompleks peninggalan sebuah kerajaan pada masa lampau yang telah runtuh. Obyek wisata yang memiliki keindahan tempat yang begitu indah karena berada di tempat ketinggian tentunya cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman ataupun pasangan saat berlibur di kota Jogja.

Candi Ratu Boko Jogja
Candi Ratu Boko Jogja | Photo IG by @damarprasetyo_

Sebuah peninggalan kompleks kerajaan yang telah runtuh dan area Ratu Boko ini merupakan peninggalan reruntuhannya. Dikarenakan berupa reruntuhan batu, maka banyak wisatawan yang menyebutnya dengan candi. Terlebih wisata Ratu Boko ini kerap di jadikan satu dengan Candi Borobudur daan Prambanan. Dengan berbagai informasi yang menarik tersebut sangat menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi dari Candi Ratu Boko. Berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta

Obyek wisata yang tak jauh dari Candi Prambanan dimana lokasinya berada di arah selatannya, kurang lebih 3 Km untuk menuju ke Candi Ratu Boko tersebut. Tempat wisata berupa reruntuhan peninggalan kerjaan pada mada lampau ini berada di ketinggian 195 mdpl dengan begitu pemandangan yang di tawarkan sangat indah dan memukau. Ratu Boko yang berupa kerajaan runtuh ini sebenarnya adalah suatu keraton, Keraton Ratu Boko. Kraton ini milik sorang Ratu Boko yang mana merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Kratron Ratu Boko ini di perkirakan di bangun pada abad ke delapan oleh dinasti Syailendra berlatar agama Budha.

Selanjutnya Kraton Ratu Boko ini diambil oleh raja raja mataram Hindhu, dikarenakan peralihan kekuasaan tersebut Kraton Ratu Boko ini di pengaruhi oleh hindhu dan budha. Dimana banyak yang menyebut peninggalan Candi Ratu Boko ini adalah Candi Budha ataupun Candi Hindhu. Gerbang pintu masuk ini berada di sisi barat. Untuk memasuki obyek wisata ini, pengunjung harus berjalan kurang lebih 100 meter dari lokasi parkir, karena gerbang intu masuk ini mengelompok dan berada di area tinggi.

Candi Ratu Boko Jogja Daya Tarik
Candi Ratu Boko Jogja Daya Tarik | Photo IG by @enduropancenoye

Pintu masuknya ini terdiri atas gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam adalah gerbang utama sekitar 15 meter dari gerbang luar. yang mana terdiri dari 5 gapura paduraksa yang sebaris dan sejajar dengan gerbang luar. Memiliki total gerbang 5 gapura, akan tetapi tangga hanya menghubungkan ketiga gapura, sementara gapura kecil yang mengapit tidak terhubung. Disetiap tangganya di hiasi dengan Ukel Gelung dan Raksasa di puncaknya.

Tak jauh dari gerbang utama di arah timur laut ada sebuah Candi Pembokoran. Bentuk teras yang berudak dengan ketinggian 3 meter. Dengan bentuk persegi yang luasnya mencapai 26 meter persegi. Kemudian di teras kedua lebih sempit, rumput hijau terbentuk sebagai karpet pelataran teras dimana terlihat asri dan hijau. Dan di sisi baratnya terdapat tangga batu lengkap dengan pegangannya.

Wisata Hits Jogja
Wisata Hits Jogja | Photo IG by @enduropancenoye

Di pelataran teras kedua terdapat tempat berbentuk persegi seperti sumur. Berukuran 4x4 meter, dimana digunakan sebagai tempat pembongkaran mayat. Sementara itu di sisi tenggara ada sumur tua yang di percaya sebagai sumber air suci. Selain itu ada area Paseban Kraton Ratu Boko yang tingginya 1,5m x 7m x 38m. Disisi timur laut paseban ada Goa Lanang dan disisi tenggaranya ada Goa Wadon. Didalam goa terdapat bilik yang dindingya memiliki pahatan berbentuk semacam figura persegi panjang.

Wisatawan yang berkunjung kebanyakan dari mereka adalah berburu sunset yang mana sebelumnya dari candi Prambanan, kemudian sorenya menuju obyek wisata Ratu Boko ini. Selain itu suasana sore lebih syahdu dan romantis di tambah keelokan matahari yang terpancar berkilauan emas yang makin lama makin hilang di telan malam. Suasana romantime sunset itulah yang menjadi daya tarik dari obyek wisata ini.

Fasilitas Candi Ratu Boko Prambanan Sleman

Obyek wisata hits berupa cagar budaya ini memiliki fasilitas yang memadai kepada para wisatawan yang berkunjung. Fasilitas yang cukup lengkap sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah berlama lama di tempat tersebut. Fasilitas diantaranya.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gift shop
  • Tempat Kuliner
  • Spot foto
  • Taman
  • dan lain lain
Candi Ratu Boko Jogja Fasilitas
Candi Ratu Boko Jogja Fasilitas | Photo IG by @_pamujiwahyu_

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

Untuk memasuki kawasan wisata candi ini tentunya wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuknya. Untuk harga tiket masuknya tergolong cukup terjangkau. Terdapat tiket terusan dari candi Pramabanan ataupun Candi Borobudur. Berikut informasi selengkapnya.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

  • Usia 10 tahun atau lebih (termasuk asuransi Rp 500 per orang) 40K
  • Usia 3 – 10 tahun (termasuk asuransi Rp 500 per orang) 20K
  • Tiket untuk study tour (dilengkapi dengan surat pengantar dari sekolah / universitas, minimal 20 orang) 20K
  • Turis Dewasa usia 10 tahun lebih    25$
  • Turis Anak usia 3 - 10 tahun    15$
Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan (termasuk fasilitas shuttle)
  • Usia 10 tahun atau lebih    85K
  • Usia 3 – 10 tahun 40K
  • Turis Dewasa usia 10 tahun lebih    45$
  • Turis Anak Usia 3 - 10 tahun    27$
Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur
  • Usia 10 tahun atau lebih    75K
  • Usia 3 – 10 tahun 35K
  • Turis Dewasa usia 10 tahun lebih    45$
  • Turis Anak Usia 3 - 10 tahun    27$
Candi Ratu Boko Jogja Harga Tiket Masuk
Candi Ratu Boko Jogja Harga Tiket Masuk | Photo IG by @ulfafatmala_only

Jam Buka Candi Ratu Boko Sleman Jogja

Bagi anda yang ingin mengunjungi obyek wisata candi di sisi selatannya dari Candi Prambanan ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari Candi Ratu Boko tersebut. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai 5 sore.

Jam Buka Candi Ratu Boko

  • Setiap Hari    09.00 - 17.00 WIB
Candi Ratu Boko Jogja Jam Buka
Candi Ratu Boko Jogja Jam Buka | Photo IG by @enduropancenoye

Lokasi Candi Ratu Boko Yogyakarta

Berada di arah selatannya dari Candi Prambanan hanya menempuh 3 Km untuk menuju ke Candi Ratu Boko. Kemudian dari Tugu Jogja berjarak 16,8 Km dengan waktu tempuh 36 menit.

Lokasi Candi Ratu Boko ada di Jalan Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5572. Untuk rute dan aksesnya bisa klik Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko Jogja Lokasi
Candi Ratu Boko Jogja Lokasi | Photo IG by @adinoovvv
Wisata Terkenal Jogja
Wisata Terkenal Jogja | Photo IG by @rahmatandriansa

Demikian ulasan informasi mengenai Candi Ratu Boko, sebuah obyek wisata yang terkenal dan hits untuk berburu sunset di Jogja. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi refernsi tempat liburan di Jogja. Kritik dan saran warmly accept, sekian.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama