Curug Ngebul Cianjur Daya Tarik dan Tiket

Curug Ngebul Bunijaya Cianjur - Kota Cianjur memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan indah untuk di kunjungi. Destinasi wisata yang alam sebagai tempat healing dan menenangkan pikiran menjadi suatu pilihan yang sering di cari atau dikunjungi. Kota Cianjur sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak tempat destinasi wisata yang indah, salah satunya air terjun atau Curug. Salah satu diantaranya yang pernah Jajan Dolan ulas yakni Curug Citambur yang menyajikan wisata dengan pesona air terjun dari ketinggin 130 meter yang berada didaerah Karangjaya. Nah pada kesempatan kali ini akan mengajak anda mengunjungi wisata Curug yang tak kalah indahnya dimana berada di daerah Bunijaya.

Curug Ngebul merupakan wisata alam yang berupa air terjun atau Curug yang hits di daerah Bunijaya Cianjur. Sebutan yang sering di sematkan ke Kota Cianjur dengan Negeri Seribu Curug memang layak, begitu banyak destinasi wisata Curug yang terkenal di kota Cianjur ini salah satu ini Curug Ngebul. Curug Ngebul ini hampir mirip dengan Curug Citambur, Curug Ngebiul ini mengalir dari tebing Gunung Lemo. Berada di ketinggian dengan debit air yang besar yang berpadu menghasilkan air terjun yang mengagumkan. Dengan derasnya aliran air yang meluncur dari atas tebing tersebut sehingga pancaran airnya tampak berasap atau ngebul. Keindahan dari air terjunnya tersebut yang kini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Curug Ngebul Cianjur
Curug Ngebul Cianjur | Photo IG by @nengsel

Curug Ngebul ini memiliki banyak informasi menarik yang sangat menarik untuk di ukas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi dari Curug Ngebul tersebut. Curug Ngebul ini salah satu destinasi wisata alam yang indah dari kota Cianjur yang memiliki daya tarik dari keindahan airnya. Kata Ngebul sendiri berasal dari kata Kebul yang berarti asap dalam bahasa sunda. Penamaan Curug Ngebul ini memang sangat pas dengan aliran air yang deras meluncur dari ketinggian sehingga menimbulkan tempias air yang luas dan menyerupai asap. Untuk lebih jelasnya mengenai Curug Ngebul, berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Curug Ngebul Bunijaya Cianjur Jawa Barat

Obyek wisata Curug memang menjadi destinasi hits di kabupaten Cianjur ini. Dengan hadirnya destinasi wisata Curug Ngebul melengkapi daftar wisata kota Cianjur yang mendapat julukan negeri seribu Curug. Curug Ngebul yang masih kerabat dengan Curug Citambur ini dengan aliran airnya dari atas tebing Gunung Lemo.

Untuk dapat menuju lokasinya yang dulunya anda harus melalui jalan dengan usaha yang extra, dengan lokasi yang berada jauh di hutan dan pegunungan dengan jalan yang masih terjal, berlumpur, jalan masih berkerikil dan jalannya setapak kecil menyusuri hutan, adapun jalannya juga licin dan menantang. Namun bagi yang suka dengan tantangan dan rintangan ini bisa menjadi petualangan yang luar biasa. Untuk sekarang, perlahan sudah mulai bagus dengan jalan yang di cor.

Selama perjalanan menuju Curug Ngebul ini akan impas dengan panorama keindahan hutan dan pegunungan yang masih indah dan asri, Bahkan bisa mendengar ciutan dari burung burung yang beterbangan yang akanmenemani perjalana anda menuju Curug Ngebul tersebut. Sesampainya di area curug yang sudah terlihat indah dan memukau. Anda harus berjalan sekitar 200 meter lagi setelah membeli tiket masuk dari lokasi loketnya. Sampai dilokasi anda akan di sambut dengan pesona curug dengan pemandangan yang tingginya mencapai 100 meter. Berada di antara tebing dan hutan air mengalir dan meluncur bebas dengan debit air yang deras.

Curug Ngebul Cianjur Daya Tarik
Curug Ngebul Cianjur Daya Tarik | Photo IG by @j_farro95

Pamandangan indah dari Curug dan alam sekitarnya yang memanjakan mata, hamparan pepohonan hijau, rerumputan yang terhampar yang begitu menyegarkan dan asri yang di selimuti pancaran atau percikan air terjunnya terbawa angin. Menjadi tempat indah setelah perjalanan yang penuh tantangan dan melelahkan akan terbayar, dengan suasana alamnya yang tersaji menjadi penghilang penat dan lelah. Dibawah air terjunnya ini terdapat telaga atau kolam yang mengalir menjadi sungai. Aliran sungai ini mengalir ke tempat penampungan buatan, dimana akan di salurkan menjadi saluran irigasi.

Menikmati air terjun yang biasa di lakukan dengan kegiatan seru dan mengasikan yakni dengan berenang atau mandi di bawah air terjunnya, namun kegiatan seperti itu di larang karena debit air dan aliran air yang terlalu deras sehingga berbahaya. Namun wisatawan masih bisa bermain di tempat penampungan airnya yang jernih dan menyegarkan sembari menikmati kesejukan alam sekitar yang asri.

Adapun wisatawan bisa melakukan kegiatan seru lainnya yakni dengan bercamping, dimana terdapat camping ground. Bahkan di dekatnya ada spot foto yang sayang untuk di lewatkan. Bermalam di sekitar Curug dengan bercamping menikmati alam yang tenang dan jauh dari perkotaan bisa menjadi pengobat rasa penat dan memulihkan energi pikiran kembali. Ditemani suara deburan dari air terjunnya sembari menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asri.

Fasilitas Curug Ngebul Cianjur Jawa Barat

Obyek wisata alam berupa air terjun yang hit s di Cianjur ini juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman sehingga bisa betah berlama lama di Curug Ngebul tersebut.  Akan tetapi masih belum ada warung, jadi anda harus membawa bekal sendiri. Fasilitas tersebut diantaranya.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Saung
  • Camping Ground
  • Spot foto
  • Saung tempat sholat
  • dan lain lain
Curug Ngebul Cianjur Fasilitas
Curug Ngebul Cianjur Fasilitas | Photo IG by @megan.mgnn

Harga Tiket Masuk Curug Ngebul Cianjur

Untuk menikmati keindahan dan suasana Curug Ngebul ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuknya. Harga tiket masuknya terbilang terjangkau, adapun jika anda mau bercamping akan dikenakan biaya extra. Berikut informasi mengenai tiket masuk Curug Ngebul.

Harga Tiket Masuk Curug Ngebul
  • Pengunjung Biasa    10K/ orang
  • Camping    25K - 30K/ orang

Jam Buka Curug Ngebul Cianjur Jawa Barat

Bagi anda yang akan mengunjungi wisata air terjun di Curug Ngebul ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari tempat wisata alam tersebut. Obyek wisata ini bisa di kunjungi setiap hari dengan jam buka dari pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Jam Buka Curug Ngebul

  • Setiap Hari jam 08.00 - 17.00 WIB

Lokasi Curug Ngebul Cianjur

Untuk menuju lokasi yang dulunya harus di lalui dengan tenaga extra namun saat ini akses menuju lokasi Curug Ngebul tersebut sudah ada perbaikan dan sudah di cor semen. Namun wisatawan tetap harus berhati hati, kawasan hutan biasanya jalannya licin apalagi musim hujan. Akan lebih baik menggunakan kendaraan offroad atau sepeda motor trail

Lokasi Curug Ngebul berada di Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43266. Untuk akses dan rutenya lebih lanjut bisa klik Curug Ngebul.

Dari arah pusat kota Cianjur berjarak kurang lebih 72 Km. Dari arah Cianjur ambil arah menuju Kecamatan Pagelaran melalui Cipari, selanjutnya belok ke Desa Bunijaya lalu ambil arah ke Kampung Rawasoro. Meskipin obyek wisata ini tergolong wisata terbaru namun masyarakat sekitar sudah mengetahui mengenai keberadaan dari Curug Ngebul, jadi anda tidak akan tersasar.

Curug Ngebul Cianjur Harga Tiket Masuk
Curug Ngebul Cianjur Harga Tiket Masuk | Photo IG by @akmlahmad_n08

Curug Ngebul Cianjur Jam Buka
Curug Ngebul Cianjur Jam Buka | Photo IG by @ryn.ferdian
Curug Ngebul Cianjur Lokasi
Curug Ngebul Cianjur Lokasi | Photo IG by @akmalahmad_n08

Demikian ulasan informasi mengenai Curug Ngebul, wisata alam berupa air terjun yang terkenal di Cianjur. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat berlibur dan berkahir pekan di Cianjur Jawa Barat. Kritik dan saran warmly accept, sekian..

Tetap patuhi Protokol Kesehatan Stay safe & Healthy..

Lebih baru Lebih lama