Umbul Jolotundo Klaten Info Lokasi, Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Daya Tarik

Umbul Jolotundo Klaten - Klaten merupakan salah satu kota di Jawa tengah yang berdekatan langsung dengan Yogyakarta dan Solo yang dimana kota ini memiliki julukan Kota Seribu Umbul. Dimana kota Klaten ini banyak ditemukan kolam umbul kurang lebih 20 wisata umbul yang dimana kejernihan airnya selalu menjadi pilihan untuk datang dengan bermandi, berenang ataupun aktivitas mengasikan lainnya. Nah Jajan Dolan kali ini kan mengajak anda untuk mengunjungi kawasan wisata umbul di Klaten, dimana ini masih tampak asing bagi kebanyakan orang namun keberadaanya tak kalah menarik dari Umbul Ponggok, seperti pada pembahasan sebelumnya.

Umbul Jolotundo merupakan salah satu tempat wisata berupa kolam renang dengan memiliki 3 bagian yang disekat berdasarkan tingkat kedalamaannya. Selain itu sama seperti kebanyakan umbul lainnya yang memiliki air jernih yang berasal dari mata air yang alami, juga tempat ini dikelilingi pepohonan yang masih rindang sehingga terasa sejuk saat berada di tempat wisata tersebut. Berbagai daya tarik dan fasilitas menarik tentu tempat ini juga instagramble untuk berfoto foto. Bermain air bersama ikan menjadi moment seru dan mengasikan saat berada di tempat wisata ini.

Umbul Jolotundo Klaten
Umbul Jolotundo Klaten
Umbul Jolotundo ini menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket dan lokasi wisata umbul tersebut. Wisata yang cocok juga dengan anak anak ini tentunya menjadi pilihan yang pas untuk wisata bersama keluarga, selain itu juga anda bisa mengajak temann maupun pasanagn agar menjadi lebih seru dan asik. Untuk itu kami Jajan Dolan akan mengulasnya untuk anda mengenai Umbul Jolotundo, berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Umbul Jolotundo Klaten

Umbul Jolotundo degan wisata air jernihnya dimana merupakan kolam yang terbagi dalam tiga sekat dengan masing masing kedalaman yang berbeda. Menarik dengan daya tariknya yakni wisata air yang masih agak asing buat kebanyakan orang ini menawarkan pesona yang berbeda dari umbul lain di kota Kalten ini. Sebenarnya kolam ini terdiri dari satu kolam sangat besar, namun kemudian disekat menjadi tiga bagian yang berbeda berdasarkan kedalamannya. Agar pengoloa bisa mengakomodir berdasarkan usia dari para wisatawan yang berkunjung.

Memasuki tempat wisata akan disuguhkan dengan kejernihan air dari umbul tersebut, dan terlihat disekeliling dari lokasi tersebut juga ada pepohonan yang rindang dan asri sehingga merasakan teduh dan nyaman. Didalam kolam tersebut terdapat banyak jenis ikan yang berwarna warni sehingga menambah keseruan saat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam dan bermain air seru lainnya.
Umbul Jolotundo Klaten Daya Tarik
Umbul Jolotundo Klaten Daya Tarik
Kolam dengan luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks area obyek wisata seluas 500 meter persegi. Dimana terdapat tiga kolam renang dengan kedalaman 1 meter, 1,5 meter dan 2 meter. Menurut cerita dari masyarakat sekitar yang turun temurun yang menyebutkan dulu ada seorang Demang dimana tinggal dengan Umbul Jolotundo yang memiliki putri bernama Roro Amis.

Umbul ini menjadi tempat singgah dan bersuci Sunan Paku Buwana X. Di sini juga terdapat batu yang membentuk tapak kai, konon batu tersebut pernah di injak oleh Bisma, tokoh ksatria dalam pewayangan, hingga saat ini batu tersebut masih ada. Dan orang orang menyebut batu tersebut Tepak Bisma. Air di pemandian ini masih alami dan tidak mengandung kaporit seperti kebanyakan kolam lainnya.

Selain itu juga terdapat versi kisah lain. Terlepas dari cerita tersebut umbul Jolotundo memiliki air jernih. Dimana terlihat seperti sebening kaca, dan menjadi daya tarik dengan ditemani ikan saat berenang dan mandi di kolam tersebut.  Umbul Joltundo sangat pas dan cocok untuk wisata keluarga dan ramah dengan anak anak karena juga ada kolam dengan kedalaman 1 meter yang pas untuk anak anak. Air kolam ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Berbagai jenis ikan yang berwarna warni ini kerap dijadikan sebagai moment berfoto mandi bersama ikan. Dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penunggu dari Umbul Jolotundo.

Fasilitas Umbul Jolotundo Klaten Jawa Tengah

Wisata air ini juag menyedaikan berbagai fasilitas yang memadaia untuk pengunjungnya. Fasilitas tersebut terbilang cukup lengkap ssehingga pengunjung merasa betah berlama lama berada di Umbul Jolotundo. Berikut fasilitas dari Umbul Jolotundo
  • Area Parkir
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung kuliner
  • Tempat duduk tepi kolam
  • dan lain lain

Harga Tiket masuk Umbul Jolotundo Klaten

Untuk anda yang ingin menikmati kesegaran air dari Umbul Jolotundo tersebut, diharuskan membayar tiket masuknya. Harga tiket masuknya terjangkau bagi semua kalangan. Harga tiket masuk sebesar 6K per orang.
  • Harga tiket masuk    6K
Untuk parkirnya
  • Sepeda motor    2K
  • Mobil    5K
Umbul Jolotundo Klaten Harga Tiket Masuk
Umbul Jolotundo Klaten Harga Tiket Masuk

Jam Buka Umbul Jolotundo Klaten Jawa Tengah

Bagi anda yang akan mengunjungi wisata umbul di Klaten ini, sebaiknya mengetahui jam buka dari Umbul Jolotundo tersebut. Untuk jam buka dari UYmbul Jolotundo yakni buka selama 24 jam. Dimana waktu terbaik untuk berenang dan bermain air disini yakni siang atau sore hari.
  • Jam Buka     24 jam

Lokasi Umbul Jolotundo Klaten Jawa Tengah

Lokasi yang berjarak sekitar 10KM dari pusat kota Klaten dengan waktu tempuh antara 20 sampai 30 menit saja.

Lokasi Umbul Jolotundo berada di Jalan Klaten - Jatinom No.7, Dusun I, Gedaren, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57481.

Untuk akses dan rutenya bisa klik Umbul Jolotundo.
Umbul Jolotundo Klaten Jam Buka
Umbul Jolotundo Klaten Jam Buka
Umbul Jolotundo Klaten Lokasi
Umbul Jolotundo Klaten Lokasi
Wisata Umbul Klaten
Wisata Umbul Klaten
Photo IG
by @dolanklaten
by @agendasolo
by @travelspromo
by @pradanta_mfvnt
by @wisatajateng


Demikian ulasan informasi mengenai Umbul Jolotundo, wisata air berupa kolam renang dengan mata air alami di Klaten. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi pemandian kolam renang di Klaten Jawa Tengah. Kritik dan saran warmly accept, sekian..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Healthy..
Lebih baru Lebih lama