Info Wisata Terbaru Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga Karangasem Bali - Bali memiliki beragam destinasi wisata, tak ayal Pulau Dewata ini selalu menjadi tujuan wisata Mancanegara dan Domestik. Salah satu wisata menarik yang terkenal di Bali berada di Karangasem. Destinasi wisata yang satu ini merupakan peninggalan kerajaan Karangasem pada tahun 1946, warisan budaya ini di bangun oleh anak Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Wisata budaya yang dikenal karena istana airnya yang dimiliki kerajaan Karangasem. Nah Jajan Dolan kali ini akan mengajak anda mengunjungi wisata dengan istana airnya yang terkenal di Karangasem Bali.

Tirta Gangga merupakan tempat wisata terkenal berupa istana air di Karangasem. Dimana menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan saat berkunjung dan berlibur di Bali. Wisata budaya dengan nama Tirta Gangga ini terinspirasi dari Sungai Gangga, sungai suci umat Hidu di India. Air di wisata budaya ini pun di anggap suci karena bersumber dari mata air alami yang berasal dari tanah. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik tentunya pengunjung semakin berkesan dan betah berlama lama.

Tirta Gangga Karangasem Bali
Tirta Gangga Karangasem Bali
Warisan budaya di Bali ini menjadi wisata terkenal yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan, dengan tempat wisata yang menarik ini tentunya menarik untuk diulas mulai dari daya tarik, fasilitas, jam buka, harga tiket masuk dan lokasi dari Tirta Gangga tersebut. Dengan daya tarik yang instagramable tersebut tentunya spot wisata di Bali ini cocok untuk hunting foto kekinian dengan warisan budaya yang terjaga. Untuk itu kami Jajan Dolan akan mengulasnya untuk anda mengenai Tirta Gangga, berikut ulasan selengkapnya.

Daya Tarik Tirta Gangga Karangasem Bali 

Warisan budaya di Bali ini merupakan wisata budaya yang semakin terkenal karena banyak di kunjungi wisatawan, terbukti dengan ramainya wisatawan yang berkunjung pada setiap harinya, menjadikan wisata ini menjadi wisata hits di Bali. Beragam aktivitas seru dan menyenangkan bisa anda lakukan di tempat wisata ini. Namun perlu di ingat tempat wisata ini berfungsi sebagai pemandian dan tempat ibadah jadi wisatawan yang berkunjung harus menjaga adab dan etika ketika memasuki area tempat wisata tersebut.

Anda akan di sambut dengan pintu gerbang berbentuk gapura yang dijuluki The Heaven Gate. Suasana asri dan segar bisa anda rasakan di tempat wisata ini, karena berada di persawahan dan perbukitan yang hijau. Terletak di pegunungan tentunya memiliki panorama alami dengan hawa adem dan asri. Tempat wisata yang megah dan indah dengan istana airnya yang masih terawat sampai sekarang.

Selain itu anda bisa melihat pemandangan Gunung Agung yang terlihat eksotis dari tempat wisata ini. Saat kondisi aktif Gunung Agung ini memiliki daya tarik dengan percikan lava dan abu panasnya, hal inilah yang menarik jumlah wisatawan untuk mengunjunginya.

Bangunan Tirta Gangga ini memiliki luas 1,2 hektare yang terdiri dari tiga tingkatan. Bagian bagian tersebut meliputi tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, dan menara air. Terdapat kolam yang besar dan kecil, arca, tempat pemeliharaan ikan hias dan berbagai jenis taman. Elemen Taman melambangkan hubungan harmonis manusia, alam dan budaya. Memiliki gaya bangunan berarsitektur khas Bali.
Tirta Gangga Bali Daya Tarik
Tirta Gangga Bali Daya Tarik
Tirta Gangga yang di bangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ini sebagai bentuk penghargaan umat Hindu di Bali dan juga sebagai tempat ibadah. Berada di Plataran, di sisi kanan terdapat kolam yang ada bebatuan setapak dekoratif berbentuk koin dan arca dewa dewi. Bebatuan setapak ini bisa menjadi jalan untuk menuju tengah kolam

Tirta yang berarti Air ini, dan Gangga merupakan sungai suci Umat Hindu di India. Mata air yang jernih yang berasal dari pegunungan ini di gunakan untuk minum dan air suci yang disakralkan oleh masyarakat Hindu di Bali. Terdapat kolam besar yang di penuhi dengan ikan hias berukuran besar dan juga kolam yang digunakan untuk pemandian

Selain anda bisa berenang dengan air jernihnya tersebut, anda bisa berkeliling dengan naik perahu/ Jukung dengan kolam yang memanjang membentuk jalur untuk wisatawan berkeliling. Perahu ini berkapsitas 3 sampai 5 orang saja. Dan yang menari disini bisa hunting foto dengan berbagai spot indah yang instgramble, seperti foto di kolam dengan ikan ikan hias yang jinak. 

Fasilitas Tirta Gangga Karangasem

Warisan budaya yang kini menjadi salah satu wisata hits berupa istana air di Bali tersebut menyediakan fasilitas yang cukup memadai kepada para wisatawan yang berkunjung. Fasilitas di tirta Gangga di antaranya
  • Area Parkir
  • Penginapan
  • Resto
  • Kedai makanan
  • Spot foto
  • Perahu/ Jukung
  • Taman
  • dan lain lain
Tirta Gangga Bali Fasilitas
Tirta Gangga Bali Fasilitas

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga Karangasem Bali

Untuk anda yang ingin menikmati suasana tempat wisata budaya di Bali ini, perlu membayar tiket masuknya, Untuk harga tiket masuk di banderol dengan harga ramah di kantong. Berikut info harga tiket masuknya
  • Tiket Masuk Tirta Gangga
  • Domestik Dewasa    25k
  • Domestik Anak 5 - 12 th    15K
  • Mancanegara    50K
  • Jukung    20K
  • Kolam renang    10K
Tirta Gangga Bali Harga Tiket Masuk
Tirta Gangga Bali Harga Tiket Masuk

Jam Buka Tirta Gangga Karangasem

Bagi anda dan wisatawan yang mau berkunjung di Wisata hits berupa warisan budaya Istana Air yang megah di Bali in sebaikinya mengetahui jam buka dari Tirta Gangga tersebut. Wisata budaya ini mulai buka setengah 8 pagi sampai setengah 7 malam setiap harinya waktu setempat.
Jam Buka Tirta Gangga
  • Setiap Hari jam 07.30 - 18.30 WITA
Tirta Gangga Bali Jam Buka
Tirta Gangga Bali Jam Buka

Lokasi Tirta Gangga Bali

Berada di persawahan dan perbukitan dimana memiliki pemandangan indah dan pesona Gunung Agung yang terlihat begitu dekat.

Lokasi Tirta Gangga berada di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852. Untuk rute dan aksesnya bisa klik Tirta Gangga.
Tirta Gangga Bali Lokasi
Tirta Gangga Bali Lokasi
Wisata Budaya Bali
Wisata Budaya Bali
Photo IG
by @tirtagangga
by @nicputra

Demikian ulasan informasi mengenai Tirta Gangga, wisata budaya yang hits di Karangasem Bali. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jajan Dolan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat wisata di Bali. Kritik dan saran warmly accept, sekian..
Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Stay Safe & Helathy..
Lebih baru Lebih lama